Marketing Trends

Ini Strategi Avian Tetap Agresif di Masa Sulit

Ini Strategi Avian Tetap Agresif di Masa Sulit

PT Avia Avian Tbk. (Avian Brands), tiada henti berinovasi baik dalam segi produk maupun strategi marketing. Tahun ini dengan tantangan kenaikan harga bahan baku akibat kenaikan harga BBM dan inflasi, perusahaan ini optimistis bisa tumbuh double digit.

Selain dengan inovasi produk yang berkelanjutan, Avian juga terus membangun strategi yang tepat di tengah perkembangan pasar yang cepat berubah. Termasuk memilih duta merek yang bisa memperluas pasar Avian.

Menurut Ruslan Tanoko, Vice President Director Avian Brands yang ditemui selepas konferensi pers di Plaza Senayan, Jakarta belum lama ini menjelaskan tahun ini Avian bisa dibilang termasuk agresif dalam mengembangkan produk baru.

“Setidaknya ada 9 produk baru sejak awal tahun ini telah kami luncurkan sampai saat ini, antaranya cat perawatan kayu, cat anti virus, no drop anti panas, Avitex Gold. Tiap tahun sebenarnya kami melahirkan 3-5 produk baru, beda-beda tiap tahun,” terang Ruslan.

Langkah agresif tahun ini menjawab juga tantangan pasar tahun ini dengan fakta beratnya pertumbuhan ekonomi tahun ini dengan faktra inflasi yang tinggi. “Konsumen tentu lebih memikirkan kebutuhan sehari-hari dulu ketimbang cat,” imbuhnya.

Ruslan menyebut hingga September ini pertumbuhan Avian tercatat 6%. “Secara infrastruktur kami juga terus perkuat, agar produk-produk Avian tersedia dari Sabang sampai Merauke, varian produk juga ditanbah terus dengan inovasi. Sedangkan dalam kondisi seperti ini kompetitor cenderung diam, karena kondisi berat. Jadi secara size pasar sama saja untuk cat, tapi karena kami melakukan sesuatu, pasar kompetitor kami bisa ambil, itulah mengapa kami optimis bisa double digit,” jelasnya..

Divisi inovasi terus memutar otak agar bisa menyediakan produk-produk yang dibutuhkan pasar. Menurut Ruslan dengan profile product Avian yang luas dari premium ke ekonomis, menbuat mereka bisa menjangkau pasar lebih luas dibandinh kompetitor. “Kami memahami bahwa buying power masyarakat berbeda-beda, maka itu produk kami harus lengkap variannya. Tapi memang yang terbesar segmen dari middle class yang paling mendukung pertumbuhan bisnis kami,” tuturnya.

Untuk diketahui Avian mencatat kinerja positif pada semester pertama tahun 2022 dengan total penjualan sebesar Rp 3,38 triliun atau naik 4,5 persen dibandingkan semester pertama tahun lalu sebesar Rp 3,23 triliun serta laba bersih Rp 777 miliar.

Dia menyebut tentu saja kenaikan bahan bakar membuat mereka harus melakukan penyesuaian harga 5-8% akibat kenaikan bahan baku, setidaknya sampai tahun depan. “Namun kami bisa menjaga margin Ebitda sampai 27%,” katanya.

Sebagai upaya memperluas pasarnya, produsen cat adal Jawa Timur ini mendaulat aktris Cinta Laura Kiehl sebagai duta merek untuk varian cat dinding interior premium Supersilk Anti Noda. Langkah ini diambil menurut Ruslan berdasarkan kesesuaian antara personality Cinta dan Supersilk Anti Noda yang elegan, berkualitas, serta peduli terhadap lingkungan. Pada kesempatan yang sama, Supersilk Anti Noda juga meluncurkan iklan TV terbaru dengan Silky Smooth Technology yang dapat membuat lapisan cat dinding menjadi sangat halus sehingga mudah dibersihkan. Untuk diketahui duta merek varian ini sebelumnya adalah penyanyi Bunga Citra Lestari.

“Kami melihat bagaimana pandemi telah merubah pola konsumsi terhadap kebutuhan cat. Segmen retail memberikan kontribusi yang cukup baik selama pandemi. Masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, sehingga aktivitas didalam rumah kian meningkat. Risiko dinding kotor pun menjadi lebih tinggi. Untuk itu, kami hadirkan cat dinding interior yang mampu menolak noda cairan dan mudah dibersihkan, hanya dengan sekali bilas,” jelas Ruslan.

Pengembangan cat dinding interior Supersilk Anti Noda sendiri tidak terjadi secara tiba-tiba. Penelitian dan pengembangan dilakukan secara terus menerus oleh tim Research, Development & Innovation untuk memenuhi lifestyle masyarakat di era ini.

“Supersilk Anti Noda dengan Silky Smooth Technology menjadikan hasil akhir lapisan film cat lebih halus selembut sutera membuat dinding mudah dibersihkan dengan air. Selain itu, formula efek daun talas mampu menolak noda cairan, sehingga kotoran tidak mudah menempel pada dinding,” jelas Angelica Tanisia Jozar, Research, Development & Innovation Director Avian Brands.

Ruslan menambahkan, dengan mendukung kebutuhan cat dekoratif, dimana lapisan cat pada dinding dituntut untuk bertahan dan tetap bersih selama mungkin, Avian Brands memiliki kesempatan untuk menunjukkan ketahanan produk yang sangat unggul, sehingga dapat membantu untuk memperkuat merek di benak publik dan pengguna. Hal ini ditunjukkan dengan kolaborasi Avian Brands dengan aktris internasional Cinta Laura Kiehl.

Kolaborasi ini akan menunjukkan kepada masyarakat atas komitmen Avian Brands dalam memenuhi kebutuhan cat dekoratif. Cinta Laura sendiri mengaku terkesan dengan apa yang telah dilakukan Avian Brands dalam beberapa tahun terakhir. Dirinya merasa terhormat dengan adanya kerjasama dengan Supersilk Anti Noda. “Aku juga menggunakan Avian Brands untuk kantorku yang merupakan creative hub,” ujar Cinta. Menurutnya ini sesuai dengan kebutuhannya, karena Supersilk Anti Noda memudahkan kita membersihkan cat yang kotor sehingga bisa lebih efisien, tidak perlu mencat berulang. “Dengan sekali bilas langsung bersih This is exactly what I need in my life!,” tambah Cinta.

Supersilk Anti Noda dirancang dengan kadar VOC (volatile organic compounds) yang rendah sehingga termasuk produk ramah lingkungan dan bersertifikasi Green Label Singapore. Angelica menambahkan 43% bahan baku yang digunakan produk ini menggunakan bahan ramah lingkungan dan daur ulang. “Bahannya juga tidak membuat perih mata saat mengecat, bau juga tidak menyengay,” katanya sambil menyebut kekuatan cat ini sampai 5 tahun,

Ruslan memandang dengan karakter Cinta yang muda dan memiliki komunikasi publik yang baik, citra anak muda yang peduli lingkungan sangat mendukung profil produk ini. Diharapkan juga dalam memperluas pasar ini agar lebih dikenal ke publik muda usia. “Apa yg dikampayekan Cinta selama ini tentang lingkungan hidup dan kesetaraan gender sangat sejalan dengan kampanye kami. Maka itu di Avian pun untuk pertama kali punya direktur perempuan yaitu ibu Angelica. Sesuai walau profil usianya muda, bicara cat dia sangat paham kebutuhannya. Dulu tidak kebayang bahwa anak muda memikirkan cat juga, Cinta memunculkan ide-ide baru, kami akan meneruskan kolaborasi ini,” tandas Ruslan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved