Ini, Strategi Perusahaan MLM Hadapi Persaingan dengan E-commerce

Kencangnya laju bisnis e-commerce di Indonesia memang tak dipungkiri menimbulkan banyak peluang baru bagi pegiatnya. Meski demikian, bagi perusahaan yang bisnisnya juga di dunia pemasaran yang mengandalkan relasi orang perorang, seperti bisnis pemasaran berjenjang, e-commerce menjadi pesaing tersendiri. Itu juga yang dialami oleh PT Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI) yang menggeluti bisnis pemasaran berjenjang (MLM).

Kehadiran e-commerce dengan berbagai produk yang ditawarkan melalui dunia maya menjadi sebuah ancaman tersendiri. Toh meski demikian, salah satu perusahaan MLM terbesar di Indonesia itu telah siap menghadapinya. Bahkan, lebih jauh lagi, mereka merangkul sistem e-commerce agar dapat mengakselerasi pertumbuhan CNI.

Seperti yang disampaikan oleh Head of Marketing Support Department CNI, Marselinus Ferdinand. Marselinus menyebutkan CNI telah 2,5 tahun mempersiapkan platform belanja online melalui www.geraicni.com dan juga lewat aplikasinya di iOS dan Android. “Penjualan melalui e-commerce sedang bertumbuh, sehingga hal ini memberikan kesempatan kepada CNI untuk turut terjun melalui Gerai CNI demi merebut pangsa pasar melalui media online. Dengan www.geraicni.com, akan memudahkan anggota CNI dan konsumen mengakses informasi produk-produk CNI secara detil dan berbelanja online,” jelaskan ketika ditemui di acara Media Gathering di restoran Batik Kuring, SCBD, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta Selatan kemarin ( 17/6).

Marcelinus Fredinand, Head of Marketing Support Department CNI Marcelinus Fredinand, Head of Marketing Support Department CNI

Melalui geraicni.com, anggota CNI bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berbelanja, mendaftar, dan lain sebagainya. Menjalankan bisnis CNI pun menurut Marselinus kini semakin mudah dengan Affiliate Program. Fitur AP ini membantu memberi Gerai CNI untuk memasarkan produk-produk secara online. ”Caranya cukup dengan sharing link Affiliate milik member gerai CNI dan anggota bisa menikmati berbagai keuntungan dari cara baru berbisnis CNI yang cepat dan nyaman,” ujarnya.

Marselinus lebih lanjut menjelaskan, bahwa pertumbuhan penjualan online CNI cukup pesat. “ Sejak diluncurkan pertengahan 2014, pertumbuhannya terus berlipat ganda. Pada 6 bulan pertama ini sudah 3 kali lipat pertumbuhan penjualan online dibanding penjualan setahun penuh pada tahun 2015 lalu” jelasnya.

Selain melalui penjualan online, CNI yang kini memiliki 100 ribu anggota itu semakin selektif memilih anggota yang akan bergabung. Caranya dengan meningkatkan biaya pendaftaran melalui pembelian produk senilai Rp 5 juta. “Memang dulu dengan beberapa ratus ribu rupiah bisa menjadi anggota CNI. Tapi sekarang kami mau semakin fokus menyasar orang yang memang niat kuat berbisnis melalui CNI, bukan hanya memakai produk CNI. Dengan nilai itu pun kini lebih banyak bonus yang didapat anggota, jadi valuenya justru lebih besar,” ujarnya. Biaya ini pun berlaku bagi anggota yang berniat memperpanjang keanggotaannya. Tujuannya sama, yakni meningkatkan kualitas anggota CNI.

Dengan sistem e-commerce yang diterapkan itu CNI yang kini 80% produknya merupakan konten lokal, juga berniat menyasar segmen yang lebih muda. “ Tak dipungkiri segmen muda terus berkembang. Nah kami hendak menyasar ke sana juga. Jadi dengan digital ini orang akan lebih cepat bergabung dan proses pembelanjaannya pun lebih cepat,” ungkap Marselinus.

Selain bisnis online, di usianya yang kini menginjak 30 tahun, CNI juga menggelar berbagai inovasi lainnya. Salah satunya CNI lebih banyak hadir di berbagai kota melalui titik-titik distribusinya  dengan mengusung standardisasi pelayanan bagi seluruh pelanggan. Selain itu CNI juga baru-baru ini menjalin kerja sama dengan PT Sukses Abadi Farmindo yang berlokasi di Tangerang. Melalui pabrik SAF seluas 12,600 m2 itu, kini lebih dari 80% produk CNI diproduksi di dalam negeri dan telah memenuhi persyaratan standard Good Manufacturing Practices  juga Cara Pembuatan Obat yang Baik. “ Bahkan beberapa produk kami juga telah diekspor ke mancanegara,” pungkas Marselinus.

 

 

Tags:

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)