Inilah Indonesia MarComm & CorComm Dream Team 2021

Untuk pertama kalinya, Majalah MIX MarComm (SWA Group) menggelar program “Indonesia MarComm & CorComm Dream Team 2021”. Program ini merupakan rekognisi terbaru dari Majalah MIX MarComm untuk para profesional Marketing Communication (MarComm) & Corporate Communication (CorComm) dan para branding enthusiast di Indonesia.

Sebelumnya, sejak berdiri pada 17 tahun lalu, Majalah MIX MarComm telah menggelar berbagai program rekognisi bagi para professional di bidang marketing dan communications yang dikemas melalui kompetisi tahunan. Di antaranya, Indonesia Best Corporate Sustainability Initiatives (dalam kerangka penilaian Marketing Social) dan Indonesia PR Program of The Year.

“Anugerah Indonesia MarComm & CorComm Dream Team 2021 ini diharapkan dapat menjadi amunisi baru bagi tim CorComm dan MarComm Indonesia untuk berkarya lebih baik lagi, dan menjadi inspirasi bagi para profesional marketing dan komunikasi Indonesia lainnya,” kata Lis Hendriani, Pemimpin Redaksi Majalah MIX MarComm.

Ada dua kategori utama dalam anugerah ini, yaitu CorComm Team dan MarComm Team. Masing-masing kategori dibagi lagi ke dalam tiga sub kategori, yakni Excellent Team adalah tim terbaik yang berhasil memainkan “orkestra” tantangan yang dihadapi, strategi yang diciptakan (untuk menghadapi tantangan tersebut), koordinasi antar anggota tim, dan eksekusi strategi sehingga menciptakan result (output dan outcome) yang maksimal; Solid Team adalah tim terbaik dengan poin tertinggi dalam penilaian koordinasi dan eksekusi strategi; dan Effective Team adalah tim terbaik dengan poin tertinggi dalam penilaian strategi dan result.

“Penilaian dilakukan dalam dua kali evaluasi, pertama penilaian berdasarkan materi presentasi yang dikirimkan oleh para peserta. Penilaian kedua, dilakukan berdasarkan hasil presentasi dan tanya jawab oleh para peserta secara virtual yang digelar selama empat hari,” tutur Lis.

Adapun kriteria penilaian adalah besarnya tantangan yang dihadapi, strategi yang diciptakan (untuk menghadapi tantangan tersebut), koordinasi antar anggota tim, eksekusi, dan result (outcome dan output). “Juri yang memiliki konflik kepentingan dengan para peserta yang yang dinilainya, diminta untuk tidak memberikan review sehingga nilai akhir dihitung berdasarkan total average,” lanjut Lis.

Dewan juri yang melakukan penilaian di program ini terdiri dari empat orang, yakni  Nico Wattimena, PhD, Principal Consultant at NWAssociates dan Senior Lecturer LSPR Communication & Business Institute yang telah menjadi konsultan PR sekaligus media relations selama lebih dari 20 tahun; Leila Djafaar, Chief of Marketing Corporate Affairs & Legal Commonwealth Bank yang memiliki catatan karir yang sangat panjang di industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dan perbankan; Dr. Edhy Aruman, Senior Editor SWA Media Group dan  Pemimpin Redaksi Mix.co.id, yang aktif mengajar di sejumlah kampus di Indonesia; dan Jojo S. Nugroho, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan PR Indonesia (APPRI) dan Managing Director Imogen PR.

Adapun perusahaan yang mengikuti proses penjurian secara virtual ini, berasal dari berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia dengan latar belakang industri yang berbeda-beda, antara lain Keuangan dan Perbankan, Barang Konsumsi (ConsumerGood), E-Commerce, Electronics, Retail, Skin Care, Lubricant, dan sebagainya.

“Bersamaan dengan anniversary yang ke-17, melalui anugerah terbaru MarComm & CorComm Dream Team 2021, Majalah MIX Marketing & Communication ingin menularkan semangat untuk bersatu padu menghadapi berbagai tantangan, terutama tantangan akibat doubledisruption yang tidak mudah ini, kepada para professional marketing dan komunikasi di Indonesia,” tutup Lis.

Berikut ini daftar para pemenang “Indonesia MarComm & CorComm Dream Team 2021”:

MARCOMM EXCELLENT TEAM 2021: Asuransi Astra, Excellent Team (330.45); Telkom Indonesia, Excellent Team (328.95); Prudential Indonesia, Excellent Team (321.00); Sinar Mas Land, Excellent Team, (321.00); Universitas Mercu Buana, Excellent Team (313.60)

MARCOMM SOLID TEAM 2021: Multilateral Global Cahaya, Solid Team (303.00); Smartfren Telecom, Solid Team (299.00); Sharp Electronics Indonesia, Solid Team (293.50); Mahdian Group, Solid Team (292.00); Diageo Indonesia, Solid Team (287.00)

MARCOMM EFFECTIVE TEAM 2021: Bank DBS Indonesia, Effective Team (312.17); Nu Skin Indonesia, Effective Team (309.00); Pefindo Biro Kredit, Effective Team (309.00); Frisian Flag Indonesia, Effective Team (305.50); Universitas Airlangga, Effective Team (305.00)

CORCOMM EXCELLENT TEAM 2021: Tokopedia, Excellent Team (338.35); Danone Indonesia, Excellent Team (336.80); Dexa Group, Excellent Team (332.50); Astra International, Excellent Team (328.55); Hero Supermarket, Excellent Team (328.10)

CORCOMM SOLID TEAM 2021: Bank Central Asia, Solid Team (322.00); Asuransi Allianz Life Indonesia, Solid Team (313.33); Frisian Flag Indonesia, Solid Team (313.00); Panasonic GOBEL, Solid Team (310.00); Austindo Nusantara Jaya, Solid Team (307.50)

CORCOMM EFFECTIVE TEAM 2021: Dana Indonesia, Effective Team (327.00); Prudential Indonesia, Effective Team (326.25); Pertamina Lubricants, Effective Team (320.00); Trakindo Utama, Effective Team (317.50); Unilever Indonesia, Effective Team (315.50)

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)