Inilah Perusahaan Idaman Karyawan dan Pencari Kerja Tahun 2019

Setelah 7 kali diselenggarakan secara konsisten, SWA dan Korn Ferry Indonesia berkomitmen untuk memberikan feedback dan penghargaan kepada perusahaan idaman di Indonesia.

SWA dan Korn Ferry Indonesia telah melaksanakan Indonesia Employers of Choice Awards (EOC) 2019. Ajang ini merupakan yang ke tujuh dan telah rutin dilaksanakan setiap tahunnya untuk dapat memberikan feedback yang konsisten kepada perusahaan agar nantinya dapat menjadi informasi yang berharga untuk meningkat employee engagement di perusahaan masing-masing.

Ada dua penghargaan yang diberikan hasil dari survei yang dilakukan Korn Ferry Indonesia bersama SWA, yakni Employers of Choice Awards 2019 bagi perusahaan-perusahaan idaman yang didapat berdasarkan survei yang dilakukan ke masing-masing karyawan dengan melibatkan 50.093 ribu responden karyawan di 32 perusahaan di Indonesia.

Dari hasil survei EOC 2019 tersebut, terdapat sembilan perusahaan yang menjadi pemenang EOC tahun ini. Secara berurutan, di antaranya adalah Surya Madistrindo (88), Sinarmas Mining (86), The Body Shop (85.5), Bank Tabungan Negara (84.5), Kimia Farma (84.5), TPK Koja (83), Bina Nusantara (83), BFI Finance Indonesia (82.5), dan Tauzia Hotels (82).

Yang kedua adalah penghargaan Top 20 Companies Organization to Work For - By Jobseekers melalui survei yang melibatkan 3.512 responden di 14 Perguruan Tinggi, baik mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari perusahaan idaman mereka untuk bekerja, maupun juga para karyawan yang masih berkeinginan untuk pindah ke perusahaan lain.

Dari hasil tersebut, didapatkan 20 perusahaan yang memenangkan penghargaan kedua, diantaranya berturut-turut adalah PT Pertamina, Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BRI, PT Unilever, PT Telkom Indonesia, Tokopedia, PLN, Astra Group, Gojek, Bank Indonesia, Bukalapak, Kimia Farma, PT Wijaya Karya, MNC Group, Waskita Group, Bank BNI, Indofood, HM Sampoerna, dan PT Freeport.

“Survei ini sangat penting untuk feedback bagi para pemilik dan pengelola perusahaan. Perusahaan bisa mengetahui seerat apa mereka membangun engagement para karyawannya dan sebesar apa perusahaan dapat memberikan pemberdayaan (enablement) yang nantinya akan membangun employee effectiveness,” ujar Kemal Effendi Gani, Chief Editor, SWA Media Group, di Jakarta, (21/11/2019).

Menurut Stephane Michaud, Partner Korn Ferry, engagement dan enablement menjadi semakin penting saat ini. Di era milenial, banyak terjadi turn over karena mereka memang tidak loyal lagi kepada perusahaan, melainkan lebih loyal kepada karir mereka.

Engagement adalah tentang bagaimana mereka bisa bersemangat dan termotivasi untuk bekerja, serta enablement adalah tentang seberapa besar perusahaan memberikan kesempatan melalui peran baru dan menciptakan lingkungan yang suportif,” ujarnya.

Menurut Employee Effectiveness Index 2019 yang dikeluarkan Korn Ferry Indonesia terhadap survei ini, secara keseluruhan didapatkan penilaian beberapa aspek, seperti Engagement sebesar 77%, Enablement sebesar 80%, dan Effectiveness sebesar 78,5%.

Kemal berharap, dengan dilakukannya survei EOC ini, nantinya setiap perusahaan semakin bisa meningkatkan program employer branding lebih efektif lagi. “Jika program ini konsisten dilakukan, maka kami yakin di Indonesia akan semakin banyak perusahaan-perusahaan yang akan terus bertumbuh dengan kokoh dan bisa memberikan manfaat dengan maksimal bagi stakeholder-nya,” tegas Kemal.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
SWA

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)