Inovasi ASDP Membuat Transportasi Penyebrangan Lebih Modern

PT ASDP Indonesia Ferry tercatat memiliki 35 pelabuhan di bawah 29 kantor cabang di seluruh Indonesia. Selain itu, perusahaan telah melayani transportasi penyebrangan dengan mengoperasikan 204 unit kapal yang menghubungkan 266 lintasan.

“Sudah hampir setengah abad ASDP hadir sebagai moda transportasi umum yang diandalkan, baik di Kawasan Barat maupun di Timur Indonesia,” kata Direktur Utama PT Indonesia Ferry, Ira Puspadewi melalui siaran persnya. Bahkan, menurutnya, ASDP telah menjadi tulang punggung transportasi di sektor logistik

Di tahun 2019, ASDP telah melakukan transformasi digital melalui penerapan cashless dan online ticketing. Selanjutnya, ASDP juga berperan dalam mengembangkan sektor pariwisata dengan membuka rute penyebrangan daerah wisata baru seperti Raja Empat, Mentawai, Nias, Belitung.

“Kami juga menjadi enabler melalui rute penyeberangan reguler yang melayani penumpang dan barang, dan sebagai active player yang berkontribusi tidak hanya menyediakan akses transportasi, tetapi juga penyedia waterfront property,” kata Ira. Saat ini, perusahaan memang mulai membangun properti untuk mendukung destinasi wisata di Kawasan Terpadu Marina Labuan Bajo.

Tranformasi digital yang dilakukan perusahaan juga berlanjut sampai hari ini. Di tahun 2020, ASDP melakukan transformasi digital dengan melayani pembelian tiket online melalui website Ferizy dan aplikasi. Implementasi digital membuat pembelian tiket ferry di 4 pelabuhan utama yakni Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk hanya bisa dilakukan melalui online. “Hal ini membantu penumpang menjaga jarak di tengah Pandemi Covid-19,” kata dia menambahkan.

Sebagai tambahan, dalam 5 tahun ke depan, perusahaan menargetkan pertumbuhan 2 kali lipat atau dari Rp2,6 triliun pada tahun 2020 menjadi Rp5 triliun pada 2024.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)