Inovasi Astra Jadi Bukti Atas Perkembangan Zaman

Prijono Sugiarto, Presdir PT Astra International Tbk. Presiden Direktur PT Astra International Tbk., Prijono Sugiarto.

Berbicara tentang Astra International pasti tak luput dari industri otomotif di Indonesia. Raksasa otomotif ini memiliki anak perusahaan yang menyokong industri utamanya dari hulu ke hilir. .

Kegiatan CSR Astra menitikberatkan pada empat bidang, yaitu Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau dan Astra Untuk Indonesia Kreatif. Semuanya dijalankan secara konsisten dan mengacu pada motto Astra yaitu Sejahtera Bersama Bangsa. Menurut Presiden Direktur PT Astra Internasional Tbk., Prijono Sugiarto, itulah yang menjadi salah satu faktor Astra terus tumbuh dan berkembang hingga 6 dekade. “Tujuan kemanusiaan yang dilakukan Astra yaitu sejahtera bersama bangsa,” ujarnya.

Operational excellence juga menjadi kunci Astra untuk tumbuh dan terus berkembang di tengah guncangan. Tujuannya adalah menciptakan nilai terbaik bagi pelanggan dan harus dijalankan dengan baik. “Operational excellence bukan hanya bicara tentang penghematan biaya dan peningkatan keuntungan, tetapi meningkatkan kepercayaan pelanggan yang dapat menentukan loyalitas mereka terhadap suatu produk,” ungkap Prijono. Setiap yang dilakukan Astra harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan filosofi Catur Dharma Astra, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”.

Transformasi bisnis dan manajemen dilakukan Astra untuk menjadi perusahaan yang excellent. Upaya transformasi ini menjadikan Astra sebagai kelompok bisnis nasional yang memiliki sistem manajemen termaju di Indonesia bernama Astra Management System (AMS). AMS menjadi roda penggerak organisasi Astra untuk mewujudkan visi, misi yang sesuai dengan filosofi korporat Astra. “Kehadiran AMS ini menjadi cermin Astra sebagai organisasi yang tanggap terhadap perubahan dan menjadi motor perubahan dalam konteks bisnis nasional,” tambahnya.

Catur Dharma sebagai nilai-nilai dasar yang menjadi pedoman dalam bertindak dan berperilaku serta mempersatukan semua insan Astra sangatlah dipegang teguh, Konsistensi penerapan nilai Catur Dharma ini diharapkan dapat melahirkan budaya yang unggul dan mendorong Astra untuk mencapai visinya. Berbagai perubahan telah dilakukan Astra untuk menciptakan tata kelola organisasi dan bisnis yang lebih efektif, produktif, efisian, kreatif, dan mempunyai kinerja. Hal ini dilakukan Astra sejalan dengan prinsip kaizen (continous improvement), yaitu fokus pada kualitas dan pelanggan. Selain itu astra juga membangun kultur yang tidak saling menyalahkan. Dalam budaya Astra, mempromosikan keterbukaan ilmu pengetahuan menjadi hal penting untuk saling dibagikan.

Inovasi juga menjadi kunci utama agar bisnis dapat terus berkembang secara berkelanjutan dan mendapatkan pangsa pasar baru. Inovasi tak sekadar ide, melainkan perpaduan antara kreativitas dan aksi. “Tanpa inovasi yang baik sebuah perusahaan tidak akan selamanya berada di atas. Inovasi adalah harga mati yang tidak bisa ditawar. Jika tidak melakukannya, perusahaan akan hilang dan hanya tinggal nama,” ungkapnya. Inovasi yang berkelanjutan mewujudkan kinerja perusahaan yang baik. Karena itu, sejak tahun 1980 Astra telah melaksanakan sebuah kompetisi InnovAstra sebagai wujud apresiasi bagi para inovator di Grup Astra. Inovasi tersebut meliputi inovasi brand, layanan, customer engagement, network, struktur serta process innovation.

Reportase: Akbar Kemas

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)