Inovasi Gadai Ala Pinjam.co.id

Muncul sebagai jawaban atas keinginan masyarakat akan kebutuhan pinjaman online, Pinjam.co.id hadir memberikan terobosan tentang cara gadai dengan sistem online. Pinjam.co.id memberikan layananan gadai barang pribadi Anda untuk mendapatkan pinjaman uang dengan tarif murah dengan akses mudah, cepat, dan online. Pertama kali muncul, 15 Desember 2015, konsep gadai online besutan Pinjam.co.id kini telah hampir dua tahun hadir di dunia start-up sebagai part of evolution lending platform gadai. Menurut Director of Pinjam.co.id, Teguh B. Ariwibowo, Pinjam.co.id bermimpi dapat menjadi platform untuk orang meminjam apa saja, mulai dari gadai online hingga pinjaman mikro dibawah 100 juta.

Fitur pinjaman usaha telah dilansir 10 Mei 2017 lalu saat pesta wirausaha. Cara kerja yang dahulunya masyarakat meminjam dana melalui Accout Officer, kini mereka dapat mengajukan sendiri melalui situs Pinjam.co.id. Dari situ akan dilakukan follow up dan assessment dari sekian banyak pemohon pinjaman. “Semua pemohon akan kita berikan konfirmasi melalui call center bagian dari human touch. Survei lapangan untuk usaha mereka seperti lokasi, data basic untuk penilaian dasar telah kita lakukan lebih dulu kemudian kita input dan dinilai apakah layak mendapat pinjaman atau tida,” ungkap Teguh B. Ariwibowo.

Merubah model bisnis pinjaman yang ada semula, Pinjam.co.id bermitra dengan Bulog dan UKM Binaan Alfamart dan fokus dalam hal pendanaan pedagang kecil. Bentuk kerjasama ini adalah para peminjam akan mendapatkan harga khusus dan juga akan mengisi etalase dagangnya dari mitra Pinjam.co.id. Untuk bunga yang diberikan sebesar 1, 75% perbulan, besarnya bunga ini tergantung dari assessment, kemungkinan bisa lebih rendah. Bahkan beberapa peminjam dapat merasakan bunga maksimal 1% untuk sebulan. “Sudah 400 nasabah yang telah kami biayai. Rata-rata mereka melakukan pinjaman mulai dari Rp.5 Juta – Rp.100 Juta. Jaminan BPKB dapat cair 5-15 Juta, jika jaminan mobil dapat cair 100 juta. Dana keseluruhan yang telah disalurkan rata-rata hampir 12 hingga 13 miliar, dengan rata-rata pinjamannya 30 sampai 40 Juta,” tambah Teguh.

Pinjaman ini disediakan untuk seluruh mikro usaha, dari homemade industry bahkan PKL tersedia. Industri kreatif juga dapat mengajukan pinjaman di Pinjam.co.id. Kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan oleh Pinjam.co.id ini mampu memberikan kepercayaan industri mikro untuk dapat tumbuh dan memiliki kesempatan berkembang usahanya. Pengembalian pinjaman dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu roll over hingga tiga bulan dan installment dari 3 – 12 bulan. Pinjam.co.id tidak hanya sekedar memberikan pinjaman, mereka juga mengajak untuk belajar mengatur cash-flow keuangan dari modal kerja.

Tak hanya itu, Pinjam.co.id juga melakukan pembinaan dan mengelola pengusaha mikro agar usahanya berjalan lancar sehingga akan menmpengaruhi pembayaran cicilan mereka. “Pelatihan kami ajarkan kepada mereka, seperti cara memisahkan “uang kanan” dan “uang kiri,” kami juga berikan akses untuk konsultasi usaha misal pakckaging. Saya percaya jika mereka mendapat empowerment akan sustainable usahanya. Tugas kami tidak hanya menjaring secara online tapi juga secara offline. Kami juga tak lupa memberikan pemahaman mengenai produk kami,” jelas Teguh.

Tantangan yang dihadapi Pinjam.co.id saat ini adalah para peminjam yang berasal dari usaha mikro ini masih benar-benar menyebar. Selain itu, sosialisasi senantiasa dilakukan untuk mengedukasi dalam lingkup komunitas agar dapat terpegang. Menurut Teguh, penskalaan bertambahnya nasabah yang mencapai ribuan akan berbeda dengan ratus ribuan, peningkatan inilah yang harus dipecahkan dengan teknologi. Kini Pinjam.co.id memiliki 7 orang dalam tim mereka meliputi account officer, admin, monitoring, manajer, dan senior manajer.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)