Marketing Trends

Inovasi in-Lite Pasarkan Lampu di Ranah Digital

Inovasi in-Lite Pasarkan Lampu di Ranah Digital

Kemajuan teknologi yang terjadi dalam beberapa tahun belakangan membuat pelaku usaha harus terus berinovasi, termasuk in-Lite LED. Perusahaan yang telah berdiri sejak 20 tahun lalu itu melakukan berbagai inovasi agar terus relevan dengan zaman.

“Sebagai perusahaan, kami harus tetap berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pencahayaan masyarakat yang dinamis serta bertahan selama pandemi Covid-19 berlangsung. Kami juga diharuskan untuk berpikir secara kreatif untuk bertahan dalam menghadapi tantangan yang ada,” ujar General Marketing Manager in-Lite Fransiska Darmawan.

Selain tantangan pandemi dalam 2 tahun kebelakang, in-Lite juga harus menghadapi kompetitor yang semakin banyak. Maklum, sejak teknologi LED muncul ke permukaan dan mudahnya teknologi dijangkau pasar. Banyak perusahaan ramai-ramai membuat lampu LED sendiri untuk dipasarkan.

“Tantangannya ketika lampu berpindah ke teknologi LED, berrier of entry-nya menjadi rendah. Tadinya hanya ada tiga brand, kini berjumlah ratusan. Awalnya membuat lampu itu sulit, namun sekarang menjadi lebih mudah karena teknologinya sudah banyak,” kata dia menjelaskan. Selain itu, in-Lite juga harus bekerja ekstra untuk melakukan brand recognition di masyarakat.

Salah dua strategi jitu yang dilakukan oleh perusahaan untuk membangun brand sekaligus memenangkan pasar adalah dengan menjual produk di platform e-commerce yang dapat dijangkau masyarakat dengan mudah dan memberikan konten informatif melalui media sosial mengenai penggunaan lampu yang efektif serta tips dekorasi.

Strategi tersebut membuahkan hasil dengan peningkatan pengajuan pertanyaan di Instagram sebesar 306% dan penambahan followers sebanyak 50% pada tahun 2021. “Tidak hanya itu, penjualan total tahun 2021 meningkat sebanyak 408%, di mana penjualan melalui platform e-commerce meningkat sebesar 443% jika dibandingkan dengan tahun 2020. Hal ini menunjukkan bahwa inovasi memang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan dan untuk bertahan,” ujarnya.

Saat ini, perusahaan telah memiliki 11 kantor cabang untuk mendukung penjualan B2B di seluruh Indonesia. “Kami harap, ke depannya in-Lite dapat terus berkembang menjadi merek lampu LED lokal yang dapat menjadi one-stop lighting solutions,” tutur Fransiska.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved