Inovasi Mister Potato Crisps Rasa Ubi Ungu

PT Pacific Food Indonesia, produsen makanan ringan keripik kentang yang dikemas dalam kaleng dengan brand Mister Potato merilis produk terbaru ubi ungu “Mister Potato Crisps Sweet Potato” .

Produk ini dirilis di Alfamart Meruya Selatan 3, Jakarta Barat, (29/8/2017). Di sejumlah negara, Mister Potato Crisps Sweet Potato juga telah dilempar ke pasar. Respons pasar antusias di Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand. Bahkan di negara asalnya, Malaysia, produk Mister Potato Crisps Sweet Potato telah menjadi varian produk keripik kentang terpopuler saat ini.

(ki-ka) Chiko Maradona, Senior Digital Marketing Manager Alfamart, Chandra Liow, CEO Mister Potato dan Chef Bara Pattiradjawane

Kini, untuk pertama kalinya, Mister Potato Crisps hadir di Indonesia dengan varian rasa terbaru, Sweet Potato, yang berbahan dasar ubi ungu.“Kompetisi di pasar makanan ringan modern, terutama keripik kentang, membuat kami merasa perlu berinovasi untuk menarik lebih banyak konsumen. Inovasi itu hadir dalam produk Mister Potato Crisps Sweet Potato, makanan ringan kentang dalam kemasan kaleng pertama yang berbahan ubi ungu,” jelas Chiko Maradona, Senior Digital Marketing Manager Alfamart, tentang alasan peluncuran produk barunya.

Selain unik dan belum ada kompetitor yang memiliki produk serupa, keunggulan produk keripik kentang berlogo pria berkumis tebal dan bertopi khas Meksiko itu adalah penggunaan bahan dasar dari ubi ungu asli. Dan warna keripiknya merupakan warna ungu natural, tanpa pewarna buatan sesuai dengan tagline mereka, yaitu “Uuuuui Ungulicius! “

Dalam peluncuran perdana Mister Potato Crisps Sweet Potato itu, perusahaan snack asal Malaysia itu menggandeng jaringan retailer Alfamart. Dengan jumlah toko lebih dari 12.000 di seluruh pelosok Indonesia, Alfamart dinilai merupakan mitra strategis untuk memasarkan produk. Sasaran pasar retail Alfamart yang fokus pada remaja dan anak muda juga sangat sesuai dengan target pasar Mister Potato Indonesia.

Untuk mendukung kolaborasi, kedua pihak sepakat akan mengadakan beragam promosi eksklusif bersama. "Di antaranya, kami akan mengadakan kompetisi foto di media sosial Instagram berhadiah sepeda motor warna ungu," ucap Chiko menambahkan.

Selain Chico hadir dalam acara peluncuran perdana tersebut Chandra Liow, CEO Mister Potato Indonesia dan Bara Pattiradjawane, chef yang menjadi juri Junior Master Chef Indonesia Season 2.

Tahun ini, Mister Potato memiliki mitra baru yang dipercaya menjadi CEO, yaitu Chandra Liow. Pria berusia 24 tahun itu ditunjuk sebagai penanggung jawab strategi digital marketing Mister Potato selama periode 2017. Chandra adalah pengelola akun Tim2One merupakan Youtubers nomor 1 di Indonesia dengan 1,3 juta subscriber. Ia baru saja mendapatkan penghargaan sebagai pemenang Top Youtube Channel dari Asia's Top Influencer 2017 untuk kawasan Indonesia.

Pemilihan Chandra Liow ini berdasarkan komitmen Mister Potato di tahun 2017 untuk meningkatkan brand image pada segmen yang dibidik, dan diharapkan berdampak siginifikan pada penjualan produk. Chandra menegaskan, "Tahun 2017 sebagai tahun inovasi. Kami akan aktif mempromosikan Mister Potato Crisps Ubi Ungu secara digital melalui media sosial Facebook, Instagram, dan Youtube. Dan kami tak akan lagi beriklan di media konvensional seperti televisi.”

Mister Potato adalah merek keripik kentang produksi PT Pacific Food Indonesia yang berdiri sejak 1990. Sedangkan Mister Potato Crisps merupakan salah satu produk unggulan perusahaan berupa keripik kentang yang dikemas dalam kaleng. Selain varian sweet potato, Mister Potato Crisps juga diproduksi dalam varian rasa original, barbeque, sapi panggang, dan keju pedas.

Target konsumen dari brand Mister Potato adalah remaja mulai usia 12 tahun hingga dewasa yang tak terbatas umurnya. Namun perusahaan ini tak hanya terpaku pada range umur maksimal. Orang dewasa yang berumur di atas 30 tahun, tetapi masih berjiwa muda masih merupakan pasar Mister Potato.

Mamee Indonesia yang dikenal dengan nama PT Pacific Food Indonesia (PFI) merupakan perusahaan penanaman modal asing dengan prinsipal di Malaysia, yaitu Mamee Double Decker (Bhd). PFI memiliki pabrik yang berlokasi di Jatake, Tangerang.

PFI memproduksi Fast Moving Consumer Goods (FMCG) berupa makanan ringan (snack). Yang termasuk dalam kategori modern snack adalah snack mie, snack keripik, dan snack ekstrusi. Produk yang dihasilkan PFI masuk dalam kategori snack ekstrusi dan snack keripik kentang.

Pada 2016, PFI bertransformasi menjadi Mamee Indonesia untuk lebih memperluas merek perusahaan ke pasar Indonesia. Produk Mamee Indonesia dikelompokkan dalam dua umbrella brand, yaitu Mister Potato untuk produk-produk yang berbahan dasar kentang dan Smax untuk produk-produk yang berbahan dasar selain kentang.

Masing-masing umbrella brand memiliki dua sub-brand. Sub-brand Mister Potato, memiliki beberapa varian yaitu Mister Potato Crisps, Mister Potato Waavy, dan Mister Potato Veetos. Sedangkan sub-brand dari Smax yaitu Smax Ring, Smax Ball, Smax Chip, Smax Rice Stick, dan Smax Oyumi.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)