Inovasi Oracle Fusion Cloud HCM dan Munculnya Generasi R

Iman Muhammad, Head of Applications Oracle Indonesia

Pandemi Covid-19 saat ini bukan menjadi gangguan terakhir yang harus dihadapi oleh pelaku bisnis. Ketidakpastian perekonomian, perubahan iklim dan dampak otomasi pada pasar kerja, akan menantang dan menjungkirbalikkan banyak bisnis. Pelaku bisnis tidak memiliki banyak pilihan selain mengevaluasi kembali dan mereformasi model bisnis mereka menjadi model yang lebih tangguh.

Bisnis yang akan berkembang dalam lingkungan baru  yang mengganggu itu disebut Phoenix. Human Capital Management (HCM) yang efisien akan membantu suatu Phoenix mengubah arah dan beradaptasi dengan cepat. Dalam lingkungan ini, SDM memainkan peran penting dalam mendorong keberhasilan struktur tenaga kerja baru sambil terus menginformasikan karyawannya dan mendorongnya untuk berkembang di dunia kerja baru di masa pasca-pandemi.

“Di Oracle, berupaya terus membangun alat inovatif untuk membantu SDM dalam peran penting ini,” ujar Iman Muhammad, Head of Applications Oracle Indonesia dalam webinar (28//7/2020). Berikut ini adalah inovasi Oracle dalam mendorong divisi SDM untuk lebih maju sebagaimana dituturkan Iman.

Pertama, mendefinisikan ulang antara hubungan manusia / mesin. Oracle Digital Assistant: Dengan lebih dari 35 transaksi yang tersedia untuk digunakan di Oracle HCM Cloud itu sendiri, Oracle Digital Assistant menawarkan lebih banyak kemampuan untuk HCM daripada penyedia lainnya. Hal ini dapat memberikan pengalaman layanan mandiri yang mudah digunakan untuk kebutuhan karyawan dan manajer yang memungkinkan untuk mendapatkan jawaban dan tindakan lebih cepat sehingga mereka bisa mendapatkan informasi yang mereka cari dan kembali bekerja dengan cepat.

Kedua, mendesain kembali mobilitas karier. Opportunity Marketplace (peluang pasar): Menggabungkan posting pekerjaan, dan mempertunjukkan kegiatan internal dalam satu tempat (internal gigs), Opportunity Marketplace menyediakan alat sederhana dan mudah digunakan yang mendorong mobilitas karier dalam organisasi. Internal gigs memungkinkan karyawan untuk terlibat dalam berbagai kegiatan di dalam organisasi dan memperluas lingkup pengaruh mereka sambil mempelajari keterampilan baru. Ini membuat keterlibatan dan retensi yang terus meningkat dan mendorong karyawan untuk bekerja lebih lama pada pekerjaan tersebut.

.

Selain itu, koneksi dan direktori interaktif yang dapat membina komunikasi yang lebih dalam dengan sesama karyawan dan kolega, untuk memberikan karyawan kemampuan membangun jaringan dan membantu menemukan kesamaan antar karyawan dalam organisasi. Mereka dapat berbagi umpan balik di dinding masing-masing, mengungkap bagan organisasi dan menemukan minat bersama yang akan membantu mereka mendorong karyawan untuk lebih bersemangat dalam bekerja.

Untuk memfasilitasi pembelajaran tambahan di seluruh organisasi, Oracle Learning Cloud dan LinkedIn Learning telah mengembangkan integrasi yang lebih dalam pada kursus, integrasi katalog otomatis, wawasan terkini tentang keterlibatan karyawan dalam pembelajaraan baru dan bahkan dapat memberikan para manajer pandangan tentang konsumsi konten yang diminati karyawan untuk menentukan sumber mana yang memiliki dampak, ini semua tersedia dalam Oracle Learning Cloud

Ketiga, mempertimbangkan kembali SDM yang berpengalaman. HR Service Delivery (Penyampaian Layanan SDM): Penyampaian layanan SDM yang hebat membutuhkan alat yang mudah digunakan baik untuk karyawan maupun para profesional SDM. Oracle HR Service Delivery Suite membantu SDM untuk mendapatkan pengalaman terbaik melalui HR Help Desk yang cerdas, Experience Design Studio yang mudah digunakan, dan Asisten Digital yang mudah berkomunikasi.

Harapan karyawan saat ini berkembang lebih cepat dari sebelumnya. Mereka ingin berbuat lebih banyak, belajar dan tumbuh lebih banyak, dan mampu dengan cepat memiliki akses ke informasi yang mereka butuhkan, terutama dari bidang SDM. Sehubungan dengan keadaan saat ini, yaitu terjadinya ’lockdown‘ secara global, mulai muncul generasi pekerja baru, yaitu Generasi R.

Generasi R adalah generasi yang sedang mengembangkan keterampilan baru, merangkul paradigma baru dan telah menyesuaikan kembali pandangan dunia mereka. Mereka telah meninggalkan cara berpikir lama mereka dan telah mengembangkan sudut pandang baru. Generasi ini merasa jauh lebih terkendali, lebih tangguh dan lebih nyaman dengan ambiguitas. Mereka bersiap untuk bekerja lebih keras dari sebelumnya dan sedang mencari cara baru untuk mencapai produktivitas, keseimbangan, dan tujuan.

Munculnya Generasi R (pekerja dapat bekerja kapan saja dan di mana saja) yang memiliki model kontrak yang fleksibel bersama dengan pemasok/vendor, pelanggan, dan karyawan maka dibutuhkan infrastruktur yang tangguh. Memiliki bisnis yang tangguh berarti memiliki kemampuan dan sistem untuk melihat ke depan, menatap masa depan dan yang paling penting, menyesuaikannya dengan keadaan.

 “Karyawan Generasi R hari ini mengharapkan lebih dari atasan mereka sebelumnya. Perusahaan dan organisasi yang berhasil memberikan pengalaman karyawan yang luar biasa dapat melihat hasilnya dalam bentuk kinerja, produktivitas, dan laba yang lebih baik,” jelas Iman.

Menurutnya, Oracle Digital Assistant siap memandu pengguna untuk memudahkan dalam mendapat jawaban untuk mendapat peluang di pasar dan memunculkan kegembiraan dan minat dalam mobilitas dan pembelajaran ke tingkat atas, serta Oracle Fusion Cloud HCM dapat memberikan solusi inovatif yang mudah digunakan untuk dampak dan pertumbuhan perushaaan sejak di hari pertama penggunaan.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)