Marketing Trends zkumparan

Inovasi Unilever Hadapi Pergeseran Pola Belanja Konsumen Saat Pandemi

Menghadapi pola belanja konsumen yang berubah selama pandemi, PT Unilever Indonesia Tbk terus berinovasi. Adapun inovasi dilakukan untuk untuk menjawab peningkatan permintaan untuk produk-produk kebersihan dan kesehatan. Sebagai antisipasi melemahnya daya beli konsumen, perusahaan FMCG ini juga meluncurkan produk-produk dalam kemasan dan harga yang lebih ekonomis.

“Di tahun 2020, kami telah mengeluarkan 40 inovasi produk,” ungkap Presiden Direktur Unilever Indonesia, Ira Noviarti. Mengikuti tren belanja online, Unilever Indonesia menghadirkan beberapa inovasi seperti Unilever Home Delivery, Unilever Professional, dan Sahabat Warung.

Sementara itu, Pakar Pemasaran Inventure Consulting, Yuswohady menanggapi pergeseran perilaku di tengah pandemi adalah sebuah keniscayaan. Pandemi telah memaksa terjadinya Consumer Megashifts 10x lebih besar dengan 10x laju lebih cepat.

“Setiap perusahaan, termasuk FMCG, menghadapi a whole new world dengan adanya gaya hidup, preferensi, prioritas, dan pola pengambilan keputusan pembelian konsumen yang benar-benar baru. Fenomena ini akhirnya melahirkan pola baru pula dalam memasarkan produk-produknya,” ujarnya.

Pada Desember 2020, penjualan bersih Unilever Indonesia mencapai Rp43 triliun terdiri dari penjualan HPC dan F&R masing-masing sebesar Rp30 triliun dan Rp13 triliun. Sedangkan laba bersih Perseroan mencapai Rp7,2 triliun.

Tidak kalah penting, Unilever Indonesia mengedepankan manfaat bagi masyarakat dan lngkungan. Hal ini harus sejalan dengan keberlanjutan bisnis. Di masa pandemi, Unilever Indonesia meluncurkan kampanye #MariBerbagiPeran yang menaungi berbagai macam inisiatif untuk untuk mendukung masyarakat.

“Kami dapat menyalurkan bantuan senilai lebih dari Rp 200 miliar secara bertahap sejak awal pandemi, baik secara independen maupun melalui kolaborasi dengan berbagai mitra di seluruh Indonesia,” kata Ira.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved