Inspirasi 60 Tahun Astra Gelar Festival Kewirausahaan di Surabaya

PT Astra International Tbk hadir di Kota Surabaya dalam rangkaian roadshow perayaan HUT ke-60 Astra sekaligus memperingati Hari Koperasi dengan menyelenggarakan Festival Kewirausahaan sebagai bentuk apresiasi Astra kepada para wirausahawan.

Menteri Koperasi dan UKM A.A. Gede Ngurah Puspayoga didampingi Chief of Human Capital Development PT Astra International Tbk Aloysius Budi bersama para pelaku UKM mitra Lembaga Pengembangan Bisnis Yayasan Dharma Bakti Astra saat perayaan HUT 60 Tahun Astra 

Acara yang diselenggarakan Grand City Convention, Surabaya pada Sabtu, (22/7) ini dihadiri oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dengan memberikan apresiasi kepada UMKM yang dinyatakan naik kelas setelah melalui pembinaan Grup Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA).

Sebanyak 381 UMKM naik kelas ini merupakan seleksi dari 1.186 UMKM aktif yang tergabung sebagai binaan YDBA per tahun 2015 dan 2016 yang telah mengikuti penilaian di awal tahun 2017 dengan menunjukkan perubahan yang terukur, di antaranya adalah Bengkel BOP, Bengkel Prima AC, Bengkel SMS Motor, Bengkel Sumber Cahaya, UD Logam Abadi, dan Yen Collection.

Chief of Corporate Human Capital Development, Aloysius Budi Santoso, didampingi Menteri Puspayoga juga memberikan penghargaan kepada UMKM YDBA yang berhasil masuk dalam value chain PT Astra Honda Motor, yakni adalah PT Elang Jagad, CV Borneo Putra, UD KS Pro dan UD Karya Jaya.

Menurut Menteri Puspayoga, dengan melakukan reformasi total terhadap koperasi serta gerakan-gerakan seperti yang dilakukan Grup Astra secara terus menerus melalui berbagai yayasan, saat ini produk domestik bruto (PDB) koperasi tumbuh menjadi 3,99% pada tahun 2016 dari 1,7% pada tahun 2013.

"Kementerian Koperasi dan UKM telah merehabilitasi dari total 200 ribu koperasi yang ada. Kami telah membubarkan sebanyak 43 ribu koperasi, serta saat ini sebanyak 76 ribu koperasi tergolong sakit, dan 75 ribu koperasi sehat. Koperasi yang sakit ini perlu dibina, apabila kronis maka kami bubarkan. Semakin banyak jumlah anggota koperasi semakin berkualitas koperasinya, bukan jumlah badan usaha koperasi yang diperbanyak,” ungkap Puspayoga.

Puspayoga mengatakan pada tahun 2013 rasio wirausaha di Indonesia hanya sebesar 1,55% dari jumlah penduduk dari minimal yang ideal harus 2%. “Namun rasio kewirausahaan telah meningkat menjadi 3,01% pada tahun 2016, meskipun rasio ini masih tertinggal dari negara-negara tetangga seperti Singapura 7%, Malaysia 5%, Thailand 4%. Untuk meningkatkan rasio kewirausahaan perlu dibuat gerakan yang harus digetarkan dengan kerjasama antar stakeholder,” dia menambahkan.

Untuk diketahui saat ini Grup Astra dan yayasannya membina 10.847 kelompok UMKM dan 97.641 orang sudah menerima manfaat dari program pembinaan tersebut.

Festival Kewirausahaan yang menjadi momentum peringatan Hari Koperasi Nasional pada 12 Juli ini menampilkan beragam rangkaian kegiatan, salah satunya adalah talkshow kewirausahaan yang menghadirkan CEO Bukalapak Achma Zaky, CEO Finger Talk Café Dissa Syakina dan Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) Henry C. Widjaja.

Adapun perayaan HUT 60 tahun Astra berikutnya akan diselenggarakan di Medan untuk memperingati Pekan Keselamatan Lalu Lintas (22-24 September 2017), serta Makassar untuk memperingati Hari Kesehatan (17-19 November 2017).

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)