Instagram Capai 25 Juta Penggunan untuk Akun Bisnis

Fungsi Instagram lebih dari social media telah bergeser sebagai media komunitas bisnis. Dan kini perannya telah menciptakan 25 juta akun komunitas bisnis Instagram yang didominasi oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Instagram mengumumkan pencapaian ini dengan jumlah peningkatan akun komunitas bisnisnya dari total 15 juta di bulan Juli 2017 lalu. Kini tercatat 800 juta akun aktif setiap bulannya untuk mengikuti passion mereka di Instagram, semakin banyak pengguna menggunakan platform Instagram untuk terhubung dengan bisnis yang mereka sukai.

Berdasarkan data yang dilansir Instagram, lebih dari 80% akun Instagram telah mengikuti satu akun bisnis dimana 200 juta pengguna di antaranya telah mengunjungi profil bisnis secara aktif setiap harinya. Komunitas Instagram berkontribusi besar dalam mendukung pertumbuhan bisnis-bisnis tersebut. Sesuai data Instagram, November 2017, dua pertiga kunjungan ke profil bisnis datang dari orang-orang yang tidak mengikuti bisnis tersebut.

Melalui konten visual yang mereka bagikan, akun-akun bisnis kini terus membangun koneksi berharga dan mendorong percakapan lebih jauh. Instagram telah menjadi platform utama untuk menunjukkan eksistensi digital mereka, contohnya perusahaan sepatu Amazara yang berbasis di Indonesia, menggunakan Instagram sebagai platform utama untuk berinteraksi dengan para pelanggan. Melalui kombinasi post yang menarik, Instagram Stories dan Direct, brand ini berhasil mengembangkan bisnisnya dan merekrut sebanyak 70 pegawai dalam kurun waktu dua tahun.

Hal ini terjadi karena pengguna Instagram tak lagi mengunjungi platform tersebut untuk sekadar mencari informasi. Dengan satu di antara tiga UKM di Instagram yang menyatakan bahwa mereka membangun bisnisnya melalui Instagram, Instagram tidak hanya menjadi tempat menemukan informasi mengenai bisnis melainkan tempat melakukan kegiatan bisnis.

Pelanggan yang mengikuti akun bisnis untuk mencari konten yang berkualitas kini dapat dengan mudah diarahkan kepada produk-produk tertentu tanpa mengacaukan kebiasaan browsing mereka. Semua yang dibutuhkan untuk menemukan produk tersebut telah tercantum dalam tag shopping di Instagram. Bisnis dari seluruh dunia kini melirik Instagram sebagai sebuah toko visual terintegrasi, karena karakternya yang mengutamakan visual, penampilan, dan perasaan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)