Internet Data Center Tencent Cloud Kedua di Indonesia Ditargetkan Berdiri pada Akhir 2021

Sukses meluncurkan Internet Data Center (IDC) pertama di Indonesia, Tencent Cloud akan segera mendirikan IDC kedua pada akhir 2021. Ini sebagai respon atas banyaknya perusahaan Indonesia dari berbagai bidang dan industri yang tertarik untuk memanfaatkan layanan cloud Tencent Cloud.

Poshu Yeung, Senior Vice Presiden, Tencent Cloud International mengatakan, ini adalah pertama kalinya Tencent mendirikan dua IDC di pasaran yang sama dalam satu tahun. Ia berharap dengan pembangunan IDC kedua ini dapat membantu Indonesia mempercepat transformasi digital.

”IDC Tencent Cloud di Indonesia telah benar-benar mulai mendorong langkah Indonesia menuju digitalisasi yang lebih maju. Hal ini terlihat dari makin banyaknya klien, perusahaan, dan organisasi yang meraih sukses dengan menggunakan layanan dan produk berkualitas tinggi kami. Kami ingin terus bekerjasama dengan mitra-mitra lokal kami dan membantu Indonesia mempercepat transformasi digital, yang akan amat terbantu dengan IDC kedua yang akan kami bangun pada akhir tahun ini,” katanya dalam keterangan pers yang diterima SWA Online, Senin (06/09/2021).

Poshu menjelaskan, Tencent Cloud menyediakan jasa dukungan yang signifikan untuk industry layanan keuangan melalui produk dan solusi seperti database TDSQL yang telah tersertifikasi secara finansial, eKYC, OCR, dan banyak teknologi berbasis AI lainnya.

Bank-bank Indonesia seperti Bank Neo Commerce dan Bank Mega juga menggunakan TDSQL dalam sistem inti mereka. Database Tencent Cloud yang telah diupgrade ini diklaim dapat membantu industri layanan keuangan Indonesia mengatasi berbagai tantangan transformasi digital, termasuk arsitektur data yang tidak memadai, transaksi dengan frekuensi tinggi, dan keamanan data.

Solusi video dan livestreaming juga kini banyak digunakan oleh berbagai sektor seperti media social, hiburan dan live show, siaran olahraga OTT, gaming, e-commerce, pendidikan, dan layanan keuangan. Tencent Cloud telah melayani 90% pelanggan audio dan video di China, dan telah menyediakan kemampuan pengolahan video dan berbagai solusi untuk sektor yang beragam.

Tencent Cloud juga dinilai cocok untuk para developer game yang membutuhkan platform layanan cloud berkualitas tinggi dengan latensi rendah, kualitas audio yang mulus, dan penangkalan kecurangan. Solusi-solusi game utamanya termasuk Game Mutlimedia Engine (GME), Game Server Elastic-scaling (GSE), Anti-Cheat Expert (ACE), dan masih banyak lagi.

"Selain para pelanggannya, Tencent Cloud juga mengedepankan nilai-nilai perusahaan para mitra lokal, seperti dalam kerjasama dengan organisasi-organisasi di Indonesia seperti Astrindo Starvision untuk mempromosikan solusi cloud di Indonesia dan memperkenalkan layanan Tencent Cloud ke lebih banyak lagi perusahaan di Indonesia," tambahnya.

Dengan layanan keamanan dan infrastruktur 24/7, IDC Tencent Cloud di Indonesia telah mendapatkan sertifikasi yaitu Uptime Institute Tier III – Design & Facility, PCI DSS, ISO 27001, ISO 14001, dan Standar Nasional Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)