Intip Kemudahan Layanan WA Business API Wappin untuk CS Bisnis

Salah satu teknologi CS yang mampu menjawab kebutuhan ini ialah WhatsApp Business API (Foto: ist)

Pesatnya perkembangan teknologi memudahkan beragam aktivitas masyarakat. Cukup dengan beragam aplikasi yang tersedia pada gawai, masyarakat bisa memperoleh kemudahan melakukan aktivitas secara serba instan seperti melakukan pemesanan dan pembelian, hingga mencari informasi tertentu.

Namun, berbagai kemudahan ini tidak datang tanpa masalah. Seringkali aplikasi tersebut mengalami gangguan teknis dan pengguna beramai-ramai mengajukan keluhan customer service (CS)  bisnis tersebut. Hal ini menghasilkan tantangan yang sangat kompleks bagi CS , khususnya untuk menangani kebutuhan pelanggan bisnis yang banyak jumlahnya.

Tantangan bagi CS sebenarnya sudah dijawab dengan hadirnya berbagai macam teknologi yang mampu memenuhi kebutuhan itu. Salah satu teknologi CS yang mampu menjawab kebutuhan ini ialah WhatsApp Business API.

WhatsApp Business API adalah layanan WhatsApp (WA) yang dikhususkan bagi bisnis berskala menengah hingga besar. Dengan berbagai fitur yang dimiliki, WA Business API memungkinkan pengguna melakukan pemesanan, pembelian, dan beragam aktivitas bisnis lainnya melalui WhatsApp. Tentunya, hal ini akan memudahkan tim CS suatu bisnis dalam melaksanakan pelayanan pelanggan melalui WhatsApp, mengingat WhatsApp adalah platform komunikasi yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

WA Business API ini berbeda dengan aplikasi WA Business yang bisa diunduh secara gratis di App Store. Perbedaannya terletak pada fitur yang dapat digunakan dan cara mendapatkannya. Untuk memperoleh WA Business API, bisnis harus memesan layanannya dari mitra resmi Facebook, seperti Wappin.

Wappin sendiri adalah salah satu produk dari perusahaan fintech SPE Solution yang merupakan mitra resmi Facebook. Wappin menyediakan layanan WA Business API untuk perusahaan di Indonesia, dengan layanan bantuan yang aktif 24/7 guna memfasilitasi tim CS kapan pun mereka membutuhkannya.

Dengan kata lain, Wappin secara tidak langsung tidak hanya memberikan kemudahan bagi bisnis yang menjadi pelanggannya. Namun, Wappin juga menghadirkan kemudahan bagi pelanggan dari bisnis tersebut.

“Kendala umum yang dialami berbagai bisnis adalah sulitnya menjaga relasi dengan pelanggan, apalagi di masa pandemi. Ada juga bisnis yang sudah memiliki tim customer service, namun terkadang tidak responsif ketika dihubungi pelanggan. Penyebabnya mungkin karena jumlah pelanggan yang sangat banyak atau solusi yang digunakan kurang tepat. Wappin berusaha menyediakan solusi untuk kebutuhan ini,” ungkap Rico L. Simarmata, CEO SPE Solution.

Saat ini, teknologi dan layanan WA Business API Wappin telah digunakan oleh beragam jenis industri, mulai dari pendidikan, kesehatan, perbankan, manufaktur, teknologi informasi ,  pariwisata, hingga lembaga pemerintahan.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)