IPA Convex ke-42 Hadirkan Technology Session

Konvensi dan pameran Indonesian Petroleum Association (IPA) 2018 secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (2/5/2018) di Jakarta Convention Centre, didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Kepala SKK Migas AMin Sunaryadi, dan Presiden IPA Ronald Gunawan.

Hajatan akbar industri migas yang ke-42 ini mengusung tema "Driving Indonesia's Oil and Gas Global Competitiveness", diselenggarakan sebagai bentuk upaya meningkatkan kembali daya saing sektor hulu migas Indonesia di level global. Ronald  dalam pidato pembukaannya mengatakan, tema tersebut diambil dengan mempertimbangkan kondisi hulu migas yang terus mengalami penurunan produksi sehingga membutuhkan investasi untuk menemukan cadangan migas baru melalui kegiatan eksplorasi dan EOR.

"Untuk mengatasi ini diperlukan investasi besar dalam melakukan eksplorasi guna menemukan sumber-sumber migas yang baru. Ini adalah suatu tantangan yang besar, salah satu pekerjaan rumah yang harus dikerjakan oleh para pemangku kepentingan di sektor ini. Kami juga mengharapkan perbaikan iklim investasi migas yang telah dilakukan bisa terus dilanjutkan sehingga mempercepat proyek-proyek migas untuk berproduksi," imbuhnya.

Di era teknologi digital sekarang ini, industri hulu migas juga tidak lepas dari persentuhan teknologi terkini yang bisa berkontribusi dalam pengembangannya. Terkait hal tersebut, pada tahun ini, IPA Convex memperkenalkan sesi baru yang khusus membahas mengenai teknologi, yaitu Technology Session. Ada beragam topik diskusi yang akan dibahas, meliputi: 1) Governments on Innovation of New Technology Improvement; 2) Impact of Digital Internet of Things in the Upstream Oil and Gas; 3) New Business Model in Gross Split System; dan 4) Technology for Decomissioning.

Selain sesi diskusi, IPA Convex juga tetap mengadakan sesi Technical Program  yang diikuti ratusan kalangan muda Indonesia baik mahasiswa maupun profesional. Sebanyak 119 karya ilmiah dan 71 poster akan dipresentasikan dalam technical session dan poster session. Dari sisi peserta konvensi, tercatat lebih dari 1.500 peserta dan 116 perusahaan peserta pameran yang turut serta pada IPA Convex 2018.

Ignasius Jonan, Menteri ESDM, dalma pidatonya mengatakan, peran industri hulu migas adalah salah satu kontributor pertumbuhan ekonomi Indonesia. Terkait hal ini pemerintah terus melakukan penyesuaian aturan seperti memangkas aturan yang dianggap menghambat operasional.

"Karenanya pemerintah terus berusaha untuk meningkatkan kemudahan proses bisnis di Indonesia dengan mengurangi jumlah perizinan serta reformasi birokrasi, demi mendorong investasi di Indonesia," ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!