IVL Optimistis Daur Ulang 1,92 Miliar Botol Plastik di Indonesia

Indorama Ventures Public Company Limited (IVL) akan membangun fasilitas daur ulang di Karawangan, Jawa Barat. Nantinya, fasilitas ini akan mampu untuk mendaur ulang 1,92 miliar botol plastik per tahun. Perusahaan asal Thailand ini rencananya akan meresmikan fasilitas tersebut pada tahun 2023 mendatang.

Plastik PET yang biasa digunakan dalam botol, 100% dapat didaur ulang dan merupakan kemasan plastik yang paling banyak dikumpulkan dan didaur ulang di dunia. “Keunikan Plastik PET yang digunakan pada minuman bersoda dan botol air minum ini adalah 100% dari bahannya dapat didaur ulang dan tidak akan berakhir di lautan kita,”kata Yashovardhan Lohia, Chief Sustainability Officer Indorama Ventures. Langkah ini, menurutnya akan membantu mewujudkan rencana nasional untuk mengurangi 70% sampah plastik lautan, mengurangi 30% limbah padat, dan menangani 70% limbah pada tahun 2025 mendatang.

Saat ini, Indorama Ventures memiliki 6 lokasi di Purwakarta, Cilegon, Tangerang dan Karawang. Pada tahun 2019, Indorama Ventures mengumumkan akan mendaur ulang minimal 750.000 metrik ton plastic PET secara global di tahun 2025, dengan menginvestasikan dana sekitar US$1,5 miliar untuk mencapai tujuan tersebut. Pabrik baru IVL di Karawang, bersama dengan fasilitas daur ulang lainnya di Asia Tenggara, akan bekerja dengan fasilitas produksi serpih-serpih PET yang ada di Indonesia.

“Dengan membangun infrastruktur daur ulang untuk mendaur ulang botol PET yang telah terpakai menjadi botol baru, kami dapat mengurangi limbah dan melestarikan lautan. Fasilitas daur ulang baru ini akan mendukung tujuan bersama untuk solusi limbah dan laut yang bersih,” ujar D K Agarwal, CEO of Combined PET, IOD and Fibers Business at Indorama Ventures menutup pembicaraan.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)