Ixobox Makin Berkembang di Tengah Melemahnya Nilai Tukar Rupiah

Outlet Ixobox Aeon Mall BSD City

Di tengah melemahnya kurs tukar Rupiah terhadap US$ yang mencapai sekitar Rp15.190, ternyata tidak semua pelaku usaha merasa terpukul.

Beberapa pebisnis seperti para eksportir justru mendulang untung dengan penguatan mata uang negara yang dipimpin Donald Trump itu. Bahkan, bagi beberapa pebisnis ritel tertentu pun mengaku tidak kena dampak negatif dari situasi ekonomi akhir-akhir ini.

Adalah jaringan haircut house Ixobox yang sekarang memiliki 33 outlet di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Pekanbaru kewalahan melayani pelanggan dan permintaan buka outlet baru dari beberapa investor. Selama tahun 2018 omzetnya tumbuh rata-rata 5-10% per bulan. Ini bisa dilihat dari jumlah pelanggan existing. “Tahun 2019, kami targetkan pertumbuhan bisnis Ixobox akan meningkatkan lebih dari 20%,” ujar Danny Anthonius, Founder dan Managing Partner Ixobox.

Danny optimistis targetnya tidak terlalu muluk-muluk. Pasalnya, kebutuhan orang melakukan potong rambut tidak bisa ditunda untuk menjaga penampilan. Untuk mendapatkan model rambut yang keren dibutuhkan skill dari hairstylist yang handal. Dan hairstylist yang terampil itu dimiliki oleh Ixobox. Sebab, Ixobox mempunyai training center sendiri yang dibangun khusus untuk mengasah keterampilan hairstylist Ixobox.

Apalagi, untuk jemput bola pelanggan, Ixobox memiliki strategi lebih banyak buka gerai di pusat-pusat perbelanjaan. Konsep gunting rambut ala Ixobox ini telah menjadi tujuan puluhan ribu orang pelanggan yang ingin gunting rambut sambil berbelanja di pusat perbelanjaan. Alasannya, Ixobox menghadirkan pengalaman baru dan unik dalam dunia gunting rambut bagi para pria, wanita dan anak-anak.

Walaupun luas outletnya tidak berukuran besar layaknya salon-salon dan barbershop-barbershop ternama, tapi kesan mewah, modern dan bersih jelas tergambar. Haircut house ini unik, selain menawarkan kualitas pelayanan dan kenyamanan konsumen, juga mengedepankan kecanggihan teknologi. Ixobox mengawinkan perpaduan Stylish Haircut dengan Modern Technology.

Ixobox juga mengedepankan nilai-nilai higienis dan efisien, dengan harga terjangkau. Pertama, dilihat dari sisi registrasi awal untuk mengambil nomor antrean, yang dilakukan di Kiosk Machine. “Kiosk Machine ini sekaligus berfungsi sebagai mesin kasir otomotis, dengan memasukkan uangpembayaran di mesin ini. Lalu, pelanggan dapat melihat dan memilih menu (model rambut yang diinginkannya) yang terdapat di area tunggu outlet sambil menunggu panggilan nomor antreannya,” jelas Danny.

Kedua, penggunaan peralatan modern seperti hygenic box  dan Ixoair membuat kebersihan selalu terjaga. Hygienic box yang digunakan tidak hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan peralatan, sterilizer dan barang milik pelanggan, tetapi juga menyediakan penampungan sisa rambut bekas pangkasan. Selain itu, kotak ini juga memiliki teknologi Ixoair yang berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa potongan rambut yang masih tertinggal di kepala pelanggan, sehingga pelanggan dapat langsung melanjutkan aktivitasnya.

Ketiga, Ixobox hanya fokus pada pelayanan gunting rambut saja, sehingga membuat para hairstylist sangat mahir dan terlatih. Rata-rata jam terbang mereka sangat tinggi dan bekerja sangat efisien dan efektif. Dengan demikian waktu yang dibutuhkan untuk menggunting rambut seorang pelanggan hanya sekitar 15-20 menit. Proses yang singkat ini membuat para pelanggan tidak perlu mengantre terlalu lama dan menghabiskan banyak waktu seperti di salon atau barbershop lainnya. Hasil guntingan oleh keahlian tangan terampil para hairstylist yang profesional lebih rapi.

Menghadapi tahun 2019, Danny sudah menyiapkan beberapa langkah strategis pengembangan bisnis usaha yang dipimpinnya, yang dikenal sebagai 'Modern Haircut for Men, Women and Kids’, yang berdiri pada akhir tahun 2014 serta bermarkas di Jakarta itu. “Salah satunya kami akan menggenapi tahun 2018 sebanyak 40 outlet dan kami akan melakukan ekspansi dan membuka beberapa outlet-oulet lagi di beberapa kota di Indonesia pada tahun 2019,” ungkap dia.

Kekuatan brand, system dan konsep Ixobox yang telah teruji melalui outlet-outlet yang tersebar di kota-kota strategis di Indonesia inilah yang mengokohkan reputasi Ixobox sebagai market leader untuk retail business dan modern haircut house di Indonesia.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)