Jack Ma : Platform Digital dan Inovasi Mengubah Negara Berkembang

Jack Ma, Pendiri Alibaba.com (kanan, dalam acara IMF-World Bank Group Annual Meeting di Bali, Indonesia

Pendiri Alibaba Jack Ma, dipandu Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim, memulai  kisahnya pada sesi “Disrupting Development - How Digital Platform and Innovation are Changing the Future of Developing Nations” di Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group 2018 Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10) dengan menuturkan saat memulai bisnis perdagangan elektronik.

Saat memulai Alibaba pada 1999,  jaringan internet  China masih sangat lambat dan infrastruktur pendukung lainnyapun masih sangat terbatas. “Membantu usaha kecil untuk menghasilkan uang adalah kuncinya. Kalau tidak memiliki internet mereka tidak memiliki pasar dan hanya menjual di kota mereka sendiri,” tuturnya.

Namun demi misi utamanya untuk memberi akses pasar melalui internet untuk para pengusaha kecil, Ma jalan terus. Dengan sejumlah keterbatasan infrastruktur, Ma  membangun perdagangan elektronik dengan mimpi utama bagaimana barang-barang yang dimiliki oleh para pedagang kecil dapat dijual hingga ke daerah, kota, bahkan hingga negara lain.

Ma menyulap keterbatasan menjadi peluang. "Saat orang mengatakan China tidak punya kesempatan, hal itu justru menghadirkan peluang bagi kami. Kalau tidak ada logistik kami bangun logistik, kalau tidak ada sistem finansial kami bangun sistem finansial", tambah Ma lagi.

Ma menegaskan untuk tidak hanya berpikir untuk 1 tahun ke depan, tapi 10 tahun ke depan. Ma yakin keterbatasan saat ini justru menjadi peluang bagi para pengusaha ke depannya. Pesan ini yang selalu Ma coba sampaikan dalam setiap kunjungannya ke negara berkembang. Seperti di Afrika, yang langsung mengeluhkan keterbatasan infrastruktur, persis seperti yang dialaminya di China beberapa belas tahun silam.

Ma menilai negara berkembang senang berubah dan harus berubah. Hal itu yang membuatnya optimistis dengan prospek yang dimiliki. Salah satu kunci penting untuk menangkap peluang di sektor perdagangan menurut Ma adalah  infrastruktur internet. Saat ini,  evolusi teknologi membuat masyarakat dari kota sampai petani memiliki perangkat seluler. Ma juga berpesan pentingnya pengembangan infrastruktur yang bersifat perangkat lunak. Beberapa unsur yang ditekankan yakni edukasi dan kewirausahaan

“Evolusi teknologi memberikan kesempatan bagi negara berkembang bila anda mempercayainya maka akan terjadi,” Jack Ma menegaskan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)