Jadi Rektor Universitas Pertamina, Prof Wirat Siap Wujudkan Kampus Kelas Dunia

Universitas Pertamina (UP) sebagai kampus energi dan bisnis besutan Pertamina melalui Pertamina Foundation, terus berbenah demi mencapai visi universitas kelas dunia. Di bawah kepemimpinan Prof. Akhmaloka, Ph.D sejak tahun 2016 hingga 2021, UP menghadirkan lebih dari 175 dosen bergelar master dan doktor lulusan perguruan tinggi terbaik dalam dan luar negeri.

Melalui kedekatannya dengan industri energi, UP membangun kolaborasi dan inovasi riset aplikatif dengan perusahaan migas serta mitra industri lain. Kinerja iptek UP menduduki ranking 74 dari sekitar 4.000 perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam hal internasionalisasi, UP aktif menjalin dan mempererat kerja sama dengan berbagai universitas di kawasan Asia, Australia, Eropa, dan Amerika Serikat. Selain mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan di kampus mitra, UP juga mendatangkan para mahasiswa asing dalam program pertukaran pelajar. Para dosen pun diberikan kesempatan yang sama, untuk mengajar di kampus mitra di luar negeri.

Menginjak usia keenam, Universitas Pertamina (UP) akan berlayar dengan nahkoda baru. Prof. IGN Wiratmaja Puja, Ph.D., baru saja dilantik secara resmi sebagai Rektor UP periode 2021-2026. Melalui ikatan kerja sama yang erat antara Pertamina dan ITB, Prof Wirat akan melanjutkan tampuk kepemimpinan dari Prof Akhmaloka.

Prof Wirat berlatar belakang pendidikan di Institut Teknologi Bandung dan University of Kentucky, Amerika Serikat, serta pengalaman sebagai birokrat senior di Kementerian ESDM. Beliau juga menjabat sebagai Guru Besar Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB.

Acara pelantikan secara daring pada hari Senin (01/03) dihadiri oleh Direktur Utama dan jajaran direksi PT Pertamina (Persero), Presiden Direktur beserta Dewan Pembina, Dewan Pengurus, dan Dewan Pengawas Pertamina Foundation, dan Civitas Akademika Universitas Pertamina.

Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), menyampaikan tuntutan eksternal yang dihadapi UP. “Sebagai bagian dari ekosistem Pertamina grup, Universitas Pertamina dituntut untuk melahirkan SDM unggul dan menghasilkan penelitian bermanfaat. Guna menjawab tantangan energi baru terbarukan. Kolaborasi dan sinergi menjadi kunci untuk menang dalam kompetisi ke depan,” ujarnya.

Nicke berpesan, untuk menghadapi tantangan besar untuk mewujudkan visi menjadi world class university di bidang energi, UP harus sigap dan lincah beradaptasi terhadap kondisi VUCA (volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity) termasuk pandemi yang melanda dunia. “Kami yakin bahwa dengan berpedoman pada nilai AKHLAK, sinergi yang baik, dan semangat transformasi, di bawah kepemimpinan Prof. Wirat UP akan mampu menjawab segala tantangan,” ujarnya.

Dalam kesempatan sama, Koeshartanto, Ketua Dewan Pembina Pertamina Foundation, menyampaikan harapannya untuk kepemimpinan baru UP. “ Tentunya, Pertamina Foundation sebagai badan penyelenggara dengan dukungan direktur utama, jajaran direksi, badan pembina, pengawas, dan semua stakeholders akan bergandengan tangan untuk terus membantu mewujudkan aspirasi UP di bawah kepemimpinan Prof Wirat,” ujarnya.

Prof Wirat menyampaikan bahwa ia menyiapkan serangkaian program terobosan untuk bersama seluruh sivitas meraih visi. Di antaranya adalah fokus pada pengembangan kualitas SDM dosen, kualitas mahasiswa, pembentukan center of excellence, dan Tridharma peguruan tinggi.

“Saya juga mengajak para civitas academika UP untuk keluar dari zona nyaman sistem yang klasik. Kita harus berani melihat perubahan yang ada di luar dan mengadopsinya,” ungkapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)