Jadwal Bis Transjakarta Bisa Diakses di Google Maps

Kini, pengguna bis Transjakarta tidak perlu menerka-nerka dan menunggu terlalu lama di halte kapan bis akan tiba. Mulai hari ini, informasi mengenai rute, jadwal, dan waktu tiba bis Transjakarta bisa didapatkan secara real-time di Google Maps. “Misi kami adalah menjadi asisten bagi pengguna dalam bernavigasi dan mengeksplor dunia di mana pun dan kapan pun. Berpartner dengan Transjakarta, hari ini kami luncurkan fitur terbaru ini agar bisa memudahkan warga Jakarta dalam merencanakan perjalanan. Fitur transit yang menampilkan informasi secara real-time untuk wilayah Asia Tenggara baru ada pertama kalinya di Indonesia,” ujar Suren Ruhela, Direktur Google Maps.

google

"Pengukuhan kerja sama dengan Transjakarta tidak perlu membutuhkan waktu yang lama karena dari pihak Transjakarta sendiri memiliki misi yang sama dengan kami," ujar Shinto Nugroho,  Head of The Public Policy and Government Relations Division Google Indonesia. Ia menambahkan bahwa informasi mengenai kedatangan bis Transjakarta diperoleh dari data Transjakarta yang dikombinasikan dengan algoritma yang dikelola oleh tim Google Maps.

 

Bagaimana cara menggunakan fitur transit? Pertama, buka aplikasi Google Maps di perangkat Android, iPhone atau desktop. Kedua, masukkan destinasi dan klik ikok berwarna biru di kanan bawah layar setelah diklik, pilih ikon Transit (bergambar kereta) untuk memilih waktu tiba, nomor koridor bis, rute, dan informasi lain. Anda akan melihat jam berapa bis akan sampai di halte pilihan serta estimasi berapa lama perjalanan Anda. Jika bis yang ditumpangi mengalami keterlambatan, fitur transit secara otomatis akan memberikan update waktu kedatangan. Rute yang memiliki informasi real-time ditandai dengan warna hijau.

Transit sudah terintegrasi dengan 12 koridor halte Trans Jakarta yang melayani 68 rute. Tiap harinya ada rata-rata 800 bus yang beroperasi untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat.

Tak berhenti dengan Transjakarta, ke depannya Google juga akan bekerja sama dengan pihak penyedia transportasi umum lainnya seperti Damri, Mayasari, Kopaja, Kereta Api Indonesia. "Tentu saja kami akan bekerja sama dengan pihak-pihak lain dan kedepannya informasi transportasi publik akan saling terintegrasi. Dan mungkin kedepannya akan terintegrasi juga dengan Google Search. Tunggu saja kejutan-kejutan lainnya," ujar Shinto sambil tersenyum. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)