Jakarta Dessert Week 2021 Tantang Pelaku Usaha Ciptakan Menu dari Karya Seni

Hokkaido Baby berkolaborasi dengan Ever-Whip menciptakan menu terbatas untuk JDW 2021. (Foto: Instagram JDW)

Festival hidangan penutup, Jakarta Dessert Week (JDW) kembali digelar untuk ketiga kalinya. Masih sama seperti tahun lalu, JDW 2021 digelar secara online pada 25 Oktober hingga 14 November 2021 dan kembali berkolaborasi dengan Tokopedia.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya menyampaikan, kategori makanan dan minuman masih menjadi kategori yang populer di Tokopedia pada kuartal III 2021. Melihat hal ini, mendorong pihaknya untuk berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis seperti JDW sehingga dapat mempermudah masyarakat menikmati dessert tanpa ke luar rumah.

"Camilan manis seperti dessert, cookies, pillow cakes, dan croissant menjadi produk yang paling laris di JDW tahun lalu. Kini masyarakat dapat kembali menikmati berbagai macam dessert dan pastry dari banyak sekali UMKM lokal melalui halaman khusus JDW 2021 di platform Tokopedia," katanya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (25/10/2021).

Mengusung tema .Art', tahun ini JDW menantang chef dan para pemilik toko kue untuk menciptakan produk yang terinspirasi dari karya-karya seni baik yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Tantangan ini diberikan dengan pertimbangan bahwa para chef merupakan seniman yang menghasilkan karya-karya seni di dapur.

Sebanyak 68 toko kue dan restoran berbasis online maupun offline terlibat dalam gelaran ini, dengan menghadirkan lebih dari seratus dessert dan pastry koleksi terbatas. Mulai dari cake, bread, cookies, ice cream, gelato, hingga healthy treats. Pemilihan toko ini berdasarkan hasil proses kurasi oleh para pendiri JDW yang mencakup pertimbangan kualitas, narasi, dan eksistensinya.

Gupta Sitorus, salah satu pendiri JDW mengatakan, acara tahunan ini sudah dipersiapkan selama dua bulan sehingga pihaknya sangat bersemangat melihat kolaborasi yang luar biasa antara dessert hub dengan sejumlah brand. “Buat kami para founders, tahun ini cukup monumental karena dalam semua limitasi dan keterbatasan, kami berhasil membangun atau membuat JDW,” ujar Gupta.

Gelaran ini pun mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, karena dinilai telah memperkenalkan serta mempromosikan kuliner Indonesia, terutama dessert dan pastry ke tingkat internasional dan sebagai bagian dari memperkuat branding pariwisata "Wonderful Indonesia".

"JDW merupakan satu-satunya acara festival dessert terbesar di Indonesia sejak 2019 yang bertujuan untuk mendukung ekosistem industri dessert dan pastry di Jakarta, dengan memberikan ruang kreatif bagi para pelaku bisnis kuliner," katanya.

Menurutnya, tema "Art" yang diusung dalam penyelenggaraan JDW 2021 ini dapat dimaknai sebagai bentuk kreativitas para chef di Jakarta untuk menginterpretasi berbagai bentuk karya seni yang ada di Indonesia. Dengan semangat tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi bagi semua orang untuk tetap berkarya dan memberikan apresiasi kepada karya seni Indonesia.

Menteri Sandiaga berharap, terselenggaranya acara JDW 2021 dapat memberikan kontribusi yang besar pada sektor kuliner Indonesia dan membangun citra DKI Jakarta sebagai culinary melting pot dan culinery hub sehingga menjadi pemantik kunjungan wisatawan ke DKI Jakarta yang semakin meningkat.

"Semoga industri pariwisata dan ekonomi kreatif di DKI Jakarta dapat terus bangkit dan berkembang lebih luas lagi sehingga mampu berkontribusi bagi peningkatan ekonomi lokal maupun nasional, dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya," harapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)