Jakarta Model Parliament Asah Kemampuan Siswa Kemukakan Pendapat

Suasana Jakarta Model Parliament dengan konsep menyerupai rapat anggota parlemen

Siswa di era 4.0 harus berani serta trampil mengungkapkan pendapatnya atas ide dan berpikir kritis terkait.

Untuk mengakomodir rencana tersebut, siswa-siswi SMA NationHigh Jakarta School (NHJS) menyelenggarakan "Jakarta Model Parliament" (JMP).

Penggagas dan Ketua JMP, Andhika Tirtawisata, menyampaikan, siswa-siswi akan mensimulasikan model rapat Parlemen Indonesia dengan membahas sejumlah isu. Andhika bersama Celine Rusli, siswi kelas 12 di NHJS mengumpulkan anggota panitia penyelenggara untuk acara ini, yang semuanya merupakan siswa-siswi NHJS.

Penyelenggaraan murni dilakukan oleh siswa, seperti perencanaan hingga eksekusi. Juga mengundang sekolah lain sebagai partisipan. "Para peserta akan mewakili partai politik yang ada di DPR untuk saling berdebat terkait isu tertentu, "kata Andhika di Jakarta (2/1/2029). Kegiatan berlangsung pada tanggal 1 - 2 Pebruari 2020 di NHJS, kawasan Pos Pengumben, Jakarta Barat.

Peserta akan dibagi empat komite, masing-masing komite terdiri dari 15 siswa mulai dari kelas 8 hingga 12. Selain mewakili parpol, siswa juga mewakili menteri kabinet dan Dewan Perwakilan Daerah dari berbagai provinsi.

Acara itu akan berlangsung seperti anggota DPR RI yang sedang rapat. Berargumen dan mempertahankan pendapatnya, di akhir acara, komite yang bersidang akan menghasilkan kesimpulan. Isu yang akan dibahas di antaranya keamanan Papua, vaksinasi, kesehatan mental, pendidikan, ibu kota baru, dan artifical intelligence.
Semua isu akan dibahas di komisi 3 dan 9 DPR , kabinet presidensial Indonesia dan DPR RI.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)