Jakarta Sweet Ramadan Menyemangati Pasar yang Lesu Terdampak Pandemi

Dua sosok pebisnis muda, Franka Soeria, Pendiri #Markamarie  dan Najla Bisyir, Pendiri Bittersweet by Najla ingin menyemangati pasar yang sedang lesu karena pandemi. Akhirnya lahirlah Jakarta Sweet Ramadan  yang digelar tanggal 30 April secara hybrid (online/offline) ini adalah acara fashion dengan semangat kolaborasi antar industri kreatif: fashion dan kuliner.

Seperti kita ketahui, keadaan pandemi yang tak menentu selama lebih dari 1 tahun ini, telah menghantam industri kreatif baik fashion maupun kuliner. Ada sebagian brand-brand yang mampu bertahan, tapi banyak juga yang kemudian collapse.

Dibandingkan fashion, industri kuliner masih bisa bertahan dengan jauh lebih baik.  Bittersweet by Najla adalah salah satu brand kuliner yang muncul menjadi bintang. Brand yang dipimpin oleh Najla ini bukan hanya mampu menghadirkan dessert box (kue) yang lezat saja, namun cara komunikasi dan promosinya yang begitu hidup membuatnya dianggap sebagai salah satu brand urban paling hype dan diminati banyak orang. 

Sementara #Markamarie  yang selama ini berperan sebagai pendukung brand fashion melalui inovasi dan programnya yang out of the box juga tak pernah berhenti berusaha memajukan fashion dari segala sisi.

Ide Jakarta Sweet Ramadan ini sederhana; 7 brand fashion akan tampil melakukan fashion show dan talkshow, namun yang spesial acara ini ditayangkan di media sosial Bittersweet by Najla yang memiliki jutaan followers baik di Instagram maupun Tiktok. Melalui acara ini, mereka ingin merekomendasikan brand-brand fashion Indonesia kepada pengikutnya di media sosial.

Di masa yang serba terbatas ini, fashion show digital memang menjadi pilihan banyak orang. Dunia digital menjadi salah satu tumpuan utama untuk mempromosikan produk. Event Jakarta Sweet Ramadan adalah ide baru yang dianggap efektif dan praktis.

Ide baru ini disambut baik, brand-brand fashion ternama Indonesia kemudian berpartisipasi. Ada brand Idea, Dauky Hijab hingga Wearing Klamby. Brand hijab Dauky bahkan menampilkan koleksi yang terinspirasi dari warna dessert box Bittersweet by Najla. Menandakan semangat kolaborasi tak henti di masa yang penuh dengan tantangan.

Selain ketiga brand besar itu, acara ini juga mengikutsertakan tiga  brand baru yaitu Restu Pratiwi, Farghani dan Cremee.co, serta brand sport hijab Malaysia ternama Innersejuk. Brand fashion yang dihadirkan menampilkan beragam gaya yang merepresentasikan kekayaan dunia fashion; dari gaya kasual, sporty, pesta hingga urban. Tren berlebaran di rumah saja membuat para brand membuat baju-baju yang nyaman dipakai. Fashion show juga akan menampilkan kue-kue dan hampers Lebaran terbaru dari Bittersweet by Najla.

“Semua orang terdampak pandemi, yang kita bisa lakukan adalah berkolaborasi. Indonesia kuat karena punya semangat gotong royong. Melalui event Jakarta Sweet Ramadan, kita ingin menunjukan kalau industri fashion dan F&B bisa berdampingan saling mendukung satu sama lain,” ujar Franka Soeria, Co-founder #Markamarie.

“Insya Allah fashion show ini memiliki hal yang unik dan berbeda sehingga punya valuenya sendiri dan tetap memberikan manfaat. Keindahan dari cake dipadukan dengan fashion? Why not? Aku rasa masyarakat memang butuh hal yang baru untuk meningkatkan kreativitas dimasa pandemi ini" jelas Najla.

Tika Mulya, Brand Development Manager dari brand Dauky, mengatakan,  pihaknya senang karena fashion show ini merupakan event pertama Dauky di tahun 2021. Selain itu, kolaborasi antara fashion dan food ini merupakan suatu hal baru dan menarik, terlebih koleksi Dauky Vintory ini terinspirasi dari gaya ratu Victoria dan memiliki makna kemenangan. Warna-warna baju kami, diselaraskan dengan warna kue dari Bittersweet by Najla,”

“Acara ini merupakan pertama kalinya fashion show yang diadakan di sebuah Dessert Shop. Harapannya, koleksi yang Kami Idea tampilkan bisa menjadi pemanis rangkaian acara Jakarta Sweet Ramadan,” ucap  Istafiana Candarini, Pendiri Kami Idea.

Mewakili brand pendatang baru, Restu Pratiwi yang menampilkan gaya urban berkomentar, “Fashion show kali ini sangat berbeda dengan acara fashion show biasanya karena fashion akan bersama di satu panggung dengan kuliner. Ini merupakan kolaborasi yang sangat langka dan mungkin kita  jarang akan menemui acara fashion show seperti ini lagi,”

Pendapat Restu juga diamini brand fashion syari Farghani.  “Sebuah kebanggaan bagi Farghani untuk bisa ikut berpartisipasi dlm event ini. Kolaborasi yang unik dan smart , antara seni dan bisnis. Strategi marketing baru, yang luas  lagi untuk sebuah product khususnya fashion,” ujar Farghani.

Kehadiran brand Malaysia Innersejuk bertujuan untuk menggaungkan betapa kolaborasi di masa pandemi bisa menembus batas negara. “Ini pertamakalinya brand Innersejuk bisa ditampilkan di Indonesia. Kami berharap brand kami bisa menjadi solusi bagi wanita Muslimah Indonesia; cantik, cool dan nyaman,” kata Azrul Izzam, CEO Innersejuk.

Selain fashion show, event Jakarta Sweet Ramadan ini juga menampilkan talkshow entrepreneurship di Ramadan bersama Pendiri Wearing Klamby, Nadine Gaus dan Ridho Jufri dan berbagai giveaway menarik yang diadakan online dan offline. Jakarta Sweet Ramadan digelar tanggal 30 April 2021 secara offline di Bittersweet by Najla (dengan penonton terbatas) dan online di Instagram & TikTok Bittersweet by Najla.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)