JD4U Dukung Gerakan Belanja di Rumah Saja

JD.id memastikan keamanan produk selama masa #DirumahAja

Tanggal 28 Maret tahun ini merupakan HUT ke-4 JD.id. Merayakan HUT ke-4 dalam kondisi wabah COVID-19, justru menjadi kesempatan e-commerce ini untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat agar bisa tetap mendukung himbauan pemerintah untuk tetap di rumah saja.

Melalui kampanye JD4U, mereka yang belanja di JD.id bisa belanja #DirumahAja tanpa khawatir terpapar virus corona baru ini dengan jaminan lebih. Bukan hanya itu, JD.id juga menawarkan berlimpah promo dan diskon khusus hingga 31 Maret ini.

Selain memastikan produk yang dijual asli dan kualitas terjamin, di tengah wabah seperti ini, proses pengiriman dan pengepakan barang pun dijaga keamanannya dari virus. Ini merupakan komitmen JD.id juga di HUT ke-4 ini memastikan setiap aspek layanan dalam kondisi prima, sehingga memberikan kenyamanan dan kepuasan berbelanja yang maksimal kepada seluruh pelanggan.

Marketing Chief JD.id, Mia Fawzia, mengatakan JD.id siap menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia walaupun dalam kondisi yang sulit sekalipun, “JD.id telah berdiri sejak tahun 2016, dan sejak saat itu kami terus berusaha untuk memberikan pengalaman belanja yang terbaik kepada para pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka. Bersama-sama dengan para seller dan supplier, kami akan berupaya untuk melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, meskipun dalam situasi yang penuh tantangan seperti saat ini,” ia menjelaskan (28/03/2020).

Mia pun mengajak para seller dan supplier untuk mematuhi, mendukung, dan mempromosikan upaya pemerintah, khususnya dalam hal pengendalian harga untuk produk-produk seperti bahan makanan, produk kesehatan, obat-obatan, dan lainnya. JD.id akan secara rutin mengawasi hal ini, demi menjamin harga produk yang kompetitif.

“Menanggapi kebijakan pemerintah yang berlaku saat ini, kami juga ingin menghimbau seluruh masyarakat untuk tetap di rumah, sementara kami menyediakan kebutuhan kalian dan mengantarnya sampai ke pintu rumah,” ungkap Mia. Untuk itu ia menjamin, tim JD.id berupaya semaksimal mungkin agar segala pelanggan aman dan nyaman dalam berbelanja.

Mia menjelaskan bahwa JD.id menyiapkan layanan end-to-end terbaik, mulai dari warehouse, drop point, kurir, customer service, hingga purna jual (after sales). Selain itu, JD.id juga melakukan berbagai tindakan pencegahan untuk memastikan kebersihan lingkungan kerja, stok barang, paket siap kirim, serta kesehatan dan keselamatan seluruh pegawai.

“Kami memastikan warehouse, drop point, dan pegawai yang bertugas selalu dalam kondisi bersih dan sehat Karena kesehatan dan keselamatan pegawai maupun pelanggan adalah prioritas utama bagi JD.id, maka perusahaan telah menerapkan serangkaian kebijakan internal. Kebijakan tersebut dinamakan 5R, yakni : Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin merupakan pedoman kerja yang selama ini telah diterapkan oleh pegawai warehouse maupun drop point,” tegasnya.

Salah satu contoh adalah pelaksanaan aturan “Wajib Sanitasi Higienis” secara ketat, mulai dari sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan sebelum pegawai memasuki area kerja, pengecekan suhu tubuh secara rutin, kewajiban mencuci tangan atau pemakaian cairan pembersih tangan, dan penggunaan sarung tangan & masker bagi seluruh pegawai warehouse.

Hal ini dilakukan demi menjaga agar barang-barang bebas segala virus dan bakteri. Selain melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area warehouse, JD.id juga melakukan penyemprotan di semua area drop point.

Penambahan stok barang secara berkala juga jadi satu prioritas utama JD.id. Melalui upaya ini, JD.id dapat memastikan kuantitas stok produk yang memadai, terlebih dalam hal pasokan makanan, produk kesehatan, dan obat-obatan, yang saat ini paling diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Menurut Mia, JD.id juga secara teliti mengecek setiap barang yang diterima dari supplier saat proses loading dan melakukan quality control secara rutin. “Tidak sekadar terima jadi, ini jadi salah satu moto yang dipegang teguh oleh pegawai warehouse saat proses loading barang oleh supplier. Dalam proses ini, pegawai warehouse JD.id secara teliti mengecek sampel dari barang yang dikirim untuk memastikan barang tersebut memiliki izin edar yang resmi, memiliki info tanggal kadaluarsa yang jelas, dan layak untuk dipakai atau dikonsumsi,” ujar Mia.

Selain itu, pegawai warehouse juga secara rutin melakukan quality control untuk memastikan penerimaan, penyimpanan, pengambilan, pengemasan, dan pengiriman barang dari warehouse berlangsung sesuai standar yang berlaku.

JD.id selalu memastikan paket siap kirim sudah sesuai dengan Standard of Procedure (SOP) yang berlaku. Tiap- tiap paket akan dikemas dengan rapi, kemudian dicek ulang sebelum akhirnya diserahkan kepada kurir untuk dikirim.

JD.id juga melakukan pembersihan dan pengecekan secara rutin atas armada pengiriman. Secara berkala armada akan di cek kelayakannya, hingga kemudian dibersihkan, sebelum akhirnya digunakan untuk mengantar paket pesanan ke drop point atau langsung ke rumah pelanggan. Hal ini berarti tidak satu titik pun yang terlewatkan oleh JD.id dalam mempersiapkan dan mengirimkan paket pesanan kepada pelanggan.

JD.id memberikan pengalaman belanja online yang nyaman kepada para pelanggan dengan mengantarkan kebutuhan sehari-hari langsung ke pintu rumah. Rantai pasokan dan layanan logistik JD.id yang lebih awas dari sebelumnya, melalui kerja sama dengan beberapa perusahaan logistik terkemuka dengan kurir yang sigap dan tanggap, akan memastikan paket pelanggan sampai di tempat tujuan dengan cepat dan selamat.

Merespon dan menangani setiap permohonan pelanggan dengan tanggap. Setiap hari selama 24 jam penuh tim Customer Service (CS) JD.id siap untuk melayani seluruh pelanggan, mulai dari menjawab pertanyaan, hingga menanggapi pengajuan komplain atau refund. Tim CS JD.id yang terdiri atas sumber daya berpengalaman akan berusaha untuk memberikan layanan terbaik dengan cepat, akurat, dan tanggap.

Dikarenakan alasan tertentu, terdapat beberapa pelanggan yang ingin mengajukan penukaran atau pengembalian produk yang telah dibeli. “Untuk itu, kami menghadirkan tim purna jual yang teliti dan cekatan dalam menangani permintaan pelanggan tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan pelanggan puas belanja di JD.id, bahkan setelah barang sampai di tangan mereka sekalipun,” katanya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)