JEC-Orbita Makassar Bidik 70 Ribu Pasien di 2020

Dr. Johan A Hutauruk, SpM(K) Presiden Direktur JEC Korporat 

JEC Eye Hospital & Clinics (JEC) membuka klinik mata utama JEC-Orbita di Makassar. Klinik mata di gedung seluas lebih dari 1.000 m2 ini dilengkapi teknologi terkini. Diperkirakan bisa melayani 70 ribu kunjungan pasien sepanjang 2020.

JEC-Orbita di Makassar merupakan pusat kesehatan mata berkonsep one-stop-solution bagi masyarakat Makassar dan Sulawesi Selatan, bahkan wilayah Indonesia bagian timur. Klinik terintegrasi dengan peningkatan kualitas layanan yang semakin menyeluruh, mulai dari tahap pemeriksaan, hingga operasi atau pembedahan dan pemulihan.

"Kami berharap masyarakat lebih terdorong untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mata secara berkala sehingga dapat membantu menurunkan risiko gangguan penglihatan dan kebutaan sedini mungkin,” jelas Dr. dr. Habibah S. Muhiddin, Sp.M (K) Direktur JEC-Orbita Makassar (05/08/2020).

Menurutnya, peningkatan layanan bagi pasien di JEC-Orbita Makassar merupakan elemen kunci dari standardisasi kualitas yang ditetapkan JEC  Eye Hospitals and Clinics. Artinya, pasien akan mendapatkan mutu servis yang sama, sebagaimana di cabang-cabang JEC lainnya. Salah satu terobosan untuk mewujudkan itu, JEC-Orbita Makassar menerapkan e-medical record (e-MR) berupa sistem informasi terintegrasi nan aman, yang memberikan kemudahan akses terhadap rekam medis pasien secara online. Ini memungkinkan pasien untuk berkonsultasi dan meneruskan perawatan secara berkelanjutan di JEC cabang manapun.

Standardisasi kualitas juga JEC tegaskan pada sisi sumber daya manusia. Saat ini, JEC- Orbita Makassar diperkuat 17 dokter mata, 11 dokter mata spesialis yang telah diakui sebagai konsultan oleh Kolegium Oftalmologi Indonesia, serta 80 tenaga medis dan non medis. Sementara dari sisi teknologi, JEC-Orbita Makassar telah menerapkan teknologi diagnostik terkini dan serangkaian fasilitas modern, setara dengan cabang-cabang JEC lainnya; antara lain Optical Coherence Tomography (OCT) dan Digital Foto Fundusn.

“Sejak berdiri pada 1984, JEC Eye Hospitals and Clinics terus berupaya untuk mendukung optimalisasi penglihatan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Kami percaya visi tersebut dapat terealisasi melalui pelayanan klinis bertaraf internasional. Kami optimistis bisa segera mewujudkan kemudahan akses terhadap fasilitas kesehatan mata yang andal, utamanya bagi masyarakat Makassar dan Sulawesi Selatan, termasuk area Nusantara bagian timur,” jelas Dr. Johan A Hutauruk, SpM(K), Presiden Direktur JEC Korporat.

Untuk memberikan layanan dengan kualitas yang terstandardisasi secara konsisten, JEC Eye Hospital and  Clinics telah membangun dan mengimplementasikan support system terintegrasi di seluruh cabang; mencakup berbagai ranah penting, meliputi keuangan, marketing, teknologi informasi (IT), human capital, riset dan pendidikan, sampai business development. Pada sisi manajemen, support system ini berdampak kuat mendukung seluruh cabang, termasuk JEC-Orbita Makassar, dalam menjalankan operasional klinik dengan lebih efisien dan mendapatkan result lebih maksimal.

Di tengah pandemi COVID-19, keselamatan dan kenyamanan pasien kian menjadi concern prioritas JEC. Bahkan, JEC telah membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) khusus untuk menyusun langkah-langkah implementasi pencegahan transmisi COVID-19, serta secara disiplin mengontrol penerapan protokol kesehatan di seluruh cabang-cabangnya. Tak terkecuali di JEC-Orbita di Makassar;  terlebih jumlah kasus positif virus korona di Sulawesi Selatan merupakan keempat tertinggi secara nasional.

Di ruang periksa, JEC juga menambahkan shield pembatas antara dokter dengan pasien guna menambah proteksi. Bukan itu saja, JEC-Orbita Makassar juga menghadirkan solusi unggulan berupa layanan tele-oftalmologi JEC Cloud yang memungkinkan konsultansi secara online; pasien tak perlu mendatangi JEC untuk bertatap muka langsung dengan dokter ahli mata.

Saat ini JEC telah memiliki cabang di berbagai daerah Indonesia, seperti RS Mata JEC-Candi Semarang, JEC-Anwari Purwokerto, dan JEC-Java Surabaya. Sementara, di area Jabodetabek, JEC hadir melalui Rumah Sakit Mata JEC  Menteng, Rumah Sakit Mata JEC  Kedoya, Rumah Sakit Mata JEC-Primasana Tanjung Priok, juga Klinik Utama Mata JEC Cibubur, JEC Tambora, JEC Cinere, dan JEC Bekasi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)