Jeff Bezos akan Mundur dari Amazon, Ini Calon Penggantinya

Jeff Bezos, yang mendirikan Amazon pada tahun 1994, menulis dalam sebuah surat kepada staf: ‘Saya tidak pernah memiliki lebih banyak energi, dan ini bukan tentang pensiun’ © AP.
Jeff Bezos, yang mendirikan Amazon pada tahun 1994, menulis dalam sebuah surat kepada staf: ‘Saya tidak pernah memiliki lebih banyak energi, dan ini bukan tentang pensiun’ © AP.

CEO Amazon Jeff Bezos akan mengundurkan diri dari jabatannya pada akhir 2021 dan akan menjadi ketua eksekutif. Bezos akan menyerahkan posisinya itu untuk memimpin Amazon kepada Andy Jassy yang selama ini merupakan kepala divisi komputasi awan Amazon.

“Latar belakang Jassy dalam mengarahkan Amazon Web Services (AWS) menunjukkan betapa pentingnya layanan tersebut terhadap strategi bisnis Amazon. Menarik untuk melihat bagaimana hal itu mempengaruhi strategi mereka dan menyeimbangkan prioritas itu dengan bisnis iklan yang berkembang dan raksasa perdagangan,” Kepala Bagian Transformasi di Mindshare Worldwide Tom Johnson dikutip dari Reuters, Rabu (3/2)

Jassy sebelumnya bergabung dengan Amazon pada 1997 setelah lulus dari Harvard Business School dan mendirikan Amazon Web Services (AWS). Lalu mengembangkannya menjadi platform yang digunakan oleh jutaan orang saat ini.

Selain itu, Jassy juga dianggap menjadi pesaing yang jelas untuk posisi teratas sejak Amazon menciptakan dua peran CEO. Sebelumnya CEO bagian konsumen Amazon yakni Jeff Wilke juga baru saja pensiun.

Selama ini, di bawah kepemimpinan Jassy, bisnis cloud Amazon telah merekrut pelanggan utama termasuk Verizon, McDonald's, dan Honeywell.

Hal tersebut membuat pendapatan kuartalan divisinya secara konsisten naik dua digit dan membantu memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar.

Sementara,Bezos sebelumnya memulai perusahaan 27 tahun lalu sebagai penjual buku internet. Selanjutnya, Bezos mengubah dari toko buku online menjadi ritel terbesar dengan jangkauan global.

“Sebagai ketua pelaksana, saya akan tetap terlibat dalam inisiatif penting Amazon tetapi juga memiliki waktu dan energi yang saya butuhkan untuk fokus pada Day 1 Fund, Bezos Earth Fund, Blue Origin, The Washington Post, dan minat saya yang lain,” ungkap Bezos yang tertulis di laman resmi Amazon

Sumber: Republika.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)