Technology Trends

Jenius BTPN dan Mitra Berkolaborasi Kampanye Edukasi Keamanan #DatamuRahasiamu

Jenius BTPN dan Mitra Berkolaborasi Kampanye Edukasi Keamanan #DatamuRahasiamu

Bertepatan dengan momen Hari Pelanggan Nasional, program kolaborasi kampanye edukasi #DatamuRahasiamu hadir sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Indonesia melalui rangkaian kegiatan edukasi keamanan oleh Jenius dari Bank BTPN, Blu by BCA Digital, BCA, BNI, dan Twitter Indonesia. Program ini terinspirasi dari Bank Indonesia sebagai pencetus pesan keamanan bagi masyarakat Indonesia agar semakin waspada dari berbagai modus penipuan yang terjadi.

“Melihat akselerasi digital yang semakin cepat tentunya harus diikuti dengan kewaspadaan akan beragam modus kejahatan siber yang terus berkembang. Kami tentunya menyambut baik dan mendukung penuh inisiatif kolaborasi kampanye #DatamuRahasiamu yang dilakukan antar institusi ini. Semoga melalui kolaborasi ini, edukasi mengenai keamanan perbankan dan pentingnya menjaga data pribadi semakin diterima oleh masyarakat yang lebih luas lagi,” ungkap Anton Daryono, Direktur Pengawasan Sistem Pembayaran dan Pengawas Spesialis – DSSK (Departemen Surveilans Sistem Keuangan) Bank Indonesia.

Kolaborasi edukasi keamanan #DatamuRahasiamu disambut baik oleh Jenius dari Bank BTPN. “Sesuai dengan semangat Jenius untuk terus berkokreasi dan berkolaborasi, edukasi keamanan melalui kegiatan #DatamuRahasiamu akan semakin maksimal jika dapat dilakukan bersama demi terwujudnya ekosistem perbankan yang aman. Untuk itu, kami mendukung penuh kegiatan #DatamuRahasiamu dan terus menambah keamanan di Jenius,” kata Irwan Tisnabudi, Digital Banking Head Bank BTPN.

Hal senada juga disampaikan oleh Duardi Prihandiko, Head of Marketing & Communication BCA Digital. Kolaborasi ini melibatkan stakeholders dari berbagai pihak untuk edukasi keamanan yang komprehensif dan impactful. Bersama-sama, mereka akan melakukan pendekatan komunikasi yang variatif dan relevan untuk menjangkau masyarakat seluas-luasnya, karena keamanan selalu merupakan isu dua sisi. Dari sisi institusi harus punya sistem dan mekanisme yang teruji keamanannya, sedangkan dari sisi customer juga harus selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi finansial.

“Penting bagi masyarakat modern untuk selalu mengikuti perkembangan berita dan teknologi agar tidak memberi celah untuk oknum yang tidak bertanggungjawab. It always takes two to tango,” ujar Duardi menegaskan.

Semangat kolaborasi edukasi keamanan #DatamuRahasiamu juga disampaikan oleh Senior Vice President Marketing Communication BCA Norisa Saifuddin, “Telah menjadi komitmen BCA untuk memprioritaskan keamanan data nasabah, maka dari itu kami memberikan dukungan penuh dan nyata terhadap gerakan kolaborasi #DatamuRahasiamu. Keamanan bertransaksi digital merupakan tanggung jawab bersama antara penyedia layanan perbankan maupun penggunanya. Harapannya melalui kolaborasi ini dapat meningkatkan tingkat edukasi nasabah mengenai pentingnya menjaga data pribadi,” ungkapnya.

Dalam momen yang sama, Rian Eriana Kaslan, Senior Executive Vice President Bisnis Digital BNI turut menyampaikan ketertarikannya untuk terlibat dalam kolaborasi edukasi keamanan #DatamuRahasiamu. Melalui kampanye ini, pengguna layanan bisa lebih memahami bahwa menjaga dan melindungi data pribadi merupakan tanggung jawab personal pengguna layanan. Pengguna layanan bisa lebih berhati-hati terhadap upaya penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang mengaku sebagai petugas bank/petugas BNI melalui telepon, chat platform, faks atau e-mail, yang menanyakan data pribadi, termasuk password/ MPIN/PIN/OTP.

“Menurut kami, kolaborasi campaign #DatamuRahasiamu yang diikuti oleh partner-partner besar seperti ini sangatlah penting untuk mengedukasi nasabah kami akan pentingnya menjaga data rahasia pribadi. Kami sebagai pihak Bank juga memiliki tanggung jawab besar terhadap keamanan data rahasia nasabah, yang salah satu bentuknya dengan terus konsisten memberikan edukasi kepada nasabah terkait bahaya dari cybercrime. Harapannya dengan adanya campaign besar terkait Rahasia Data seperti ini, nasabah dapat semakin menjaga kerahasiaan datanya,” tandasnya.

Lebih lanjut, keamanan digital ini juga menjadi perhatian utama dari Twitter Indonesia sebagai penyedia layanan digital bagi masyarakat Indonesia. Dwi Adriansah, Country Industry Head Indonesia untuk Twitter, menyampaikan, “Menjaga agar semua orang tetap aman dan terlindungi adalah satu satu prioritas utama Twitter. Dengan perkembangan dan adopsi teknologi yang semakin pesat, data pribadi menjadi hal yang sangat berharga. Dengan berkolaborasi di kampanye #DatamuRahasiamu, Twitter berkomitmen untuk menjadi bagian dari peningkatan kesadaran masyarakat agar lebih mengerti mengenai betapa pentingnya menjaga keamanan data, terutama ketika sedang berada di ranah digital.”

Modus kejahatan digital akan terus berkembang, namun risiko kerugian dapat diminimalkan dengan penambahan keamanan dari penyedia layanan dan peningkatan kesadaran pengguna layanan untuk terus melindungi informasi rahasia dan pribadi miliknya. Kolaborasi edukasi keamanan #DatamuRahasiamu ini merupakan awal dari kegiatan edukasi keamanan yang akan dilakukan secara berkelanjutan.

Program kolaborasi lintas institusi dan sektoral ini secara simbolis juga ditandai dengan penggunaan logo kampanye edukasi #DatamuRahasiamu. Kedepannya akan ada serangkaian kegiatan edukasi yang dilakukan oleh masing-masing bank dan institusi yang bergabung dalam kampanye ini, serta kegiatan bersama.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved