Jokowi : Butuh Revolusi Mental Global untuk Rawat Laut

Dunia butuh revolusi mental untuk mengelola dan merawat laut. Hal ini diungkapkan Presiden Joko Widodo saat pembukaan Our Ocean Conference (OOC) 2018 di BNDCC Nusa Dua Bali. "Dan OOC, harus jadi motor penggerak revolusi mental untuk merawat laut," kata Presiden Jokowi yang  mengenakan batik berwarna hitam dengan motif ikan.

"Indonesia sudah bertekad untuk menjadi kekuatan maritim dunia. Banyak hal sudah kami lakukan, tol laut, memperkuat armada laut, pengurangan sampah laut sebanyak 70 persen hingga 2025. Dan, 20 juta hektare kawasan konservasi laut pada 2018, dua tahun lebih cepat dari target," tambah Jokowi.

Jokowi memaparkan laut adalah harta paling berharga untuk dunia. Lebih dari 90 persen perdagangan dunia dilakukan melalui laut. 40 persen nilai perdagangan dunia dilakukan melalui laut. Dan 61 persen minyak dunia didistribusikan lewat laut. Nilai kekayaan laut diperkirakan mencapai US$ 24 triliun. Setengah penduduk dunia juga bergantung pada laut.
Karena itu Jokowi berharap peserta OOC  mengambil komitmen dan langkah yang bisa dirasakan masyarakat laus dan berdampak nyata untuk laut. "Saya sadar bangsa kami adalah bangsa bahari. Saya sadar wilayah air kami lebih besar dari wilayah darat. Kita semua sadar bahwa wilayah air di bumi kita lebih besar dari wilayah darat. Kita semua sadar bahwa laut adalah laut adalah masa depan kita, our ocean, our future," kata Jokowi.

Dunia menurut Jokowi menghadapi berbagai tantangan laut, seperti illegal fishing, perompakan, perdagangan manusia, hingga klaim wilayah maritim. Tidak itu saja, polusi laut, sampah plastik, perubahan iklim yang menyebabkan pemutihan karang dan naiknya suhu permukaan air laut menjadi masalah besar yang tidak bisa ditangani sendiri. "Butuh kerja sama dari semua negara. We need global partnership, kerja sama global untuk mencapai sustainable development global," tutur Presiden Jokowi.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)