Cara Alibaba Cloud Kembangkan Bakat Digital di Indonesia

Penandatanganan kerja sama Alibaba Cloud dengan Binus, Prasetiya Mulya, Trainocate, PT Inovasi lnformatika (i3), dan BLOCK71 dalam acara Alibaba Cloud Day 2020 di Jakarta, Kamis (16/01). Foto: Vina Anggita

Alibaba Cloud, perusahaan komputasi awan milik Grup Alibaba, mengumumkan inisiatif barunya dengan para mitra untuk mendorong pengembangan kapasitas di bidang digital bagi para talenta di Indonesia.

Leon Chen, Head of Alibaba Cloud Indonesia, menyampaikan, kerja sama ini dijalin lantaran pihaknya melihat bahwa ada ketidakseimbangan antara pertumbuhan bisnis di Indonesia yang menggunakan cloud dengan tenaga kerja yang menguasi keterampilan teknologi tersebut.

"Saat ini semakin banyak bisnis di Indonesia menggunakan cloud sebagai pendukung pertumbuhan mereka yang baru. Hal ini menyebabkan semakin banyaknya permintaan yang tinggi akan tenaga kerja khusus. Namun, tenaga kerja yang menguasai keterampilan akan teknologi ini terbilang masih minim," ujar Leon.

Untuk itu, Alibaba Cloud mengumumkan beberapa inisiatif terbaru pada acara Alibaba Cloud Day Indonesia 2020, Kamis (16/01) yang dihadiri oleh Iebih dari 2.000 perwakilan dari perusahaan industri, termasuk pengambil keputusan bisnis, developer, insinyur, UKM, hingga startup.

“Kami sangat senang meluncurkan program pemberdayaan bakat digital ini dengan dukungan dari universitas, lembaga pelatihan dan inkubator di lndonesia," kata Leon.

Inisiatif-inisiatif baru tersebut di antaranya “Digital Talent Empowerment Program”, merupakan kerja sama Alibaba Cloud dengan Universitas Bina Nusantara dan Universitas Prasetiya Mulya untuk menghadirkan pelatihan cloud dan intelegensi digital bagi mahasiswa dan pengajar.

Pada tahun 2020 ini, Alibaba Cloud akan menyediakan program pelatihan dan workshop bagi sekitar 60 tenaga pengajar atau dosen dari kedua universitas tersebut. Langkah ini bertujuan mendorong para pengajar untuk membagikan kembali ilmu yang mereka dapatkan tentang cloud dan teknologi digital kepada para siswa selama pelatihan.

"Tujuannya adalah untuk mendapatkan setidaknya 2.000 mahasiswa dari dua universitas yang mengikuti pelatihan pada subyek terkait," kata Leon.

Alibaba Cloud juga menawarkan pelatihan IT tingkat Ianjut bagi developer di Indonesia dengan menggandeng lembaga pelatihan global, Trainocate dan PT Inovasi lnformatika (i3). Pelatihan lanjutan tersebut di antaranya mengenai cloud, keamanan, dan intelegensi data untuk developer di komunitas, yang bertujuan untuk membantu mereka mengembangkan produk yang lebih canggih dan solusi industri pada sektor cloud.

Sementara, untuk meningkatkan keterampilan digital di kalangan startup, Alibaba Cloud akan bermitra dengan BLOCK71 Jakarta, inkubator yang mendukung wirausaha di Indonesia. Alibaba Cloud akan menawarkan sumber daya cloud untuk startup terpilih di komunitas BLOCK71 yang berpartisipasi dalam Create@AlibabaCloud, kompetisi startup yang diselenggarakan setiap tahun oleh penyedia layanan cloud. Kedua pihak juga akan bersama-sama mengelola networking, kegiatan workshop dan acara pitching secara rutin.

"Kemitraan ini akan membuka peluang baru untuk komunitas teknologi dan menghadirkan platform bagi para penggiat teknologi untuk meningkatkan skala bisnis mereka hingga dapat bersaing di salah satu industri teknologi yang berkembang paling pesat," lanjut Leon.

Dia pun berharap dengan kontribusi melalui teknologi, keahlian, dan pengalaman Alibaba Cloud, pihaknya dapat membantu mengembangkan Iebih banyak talenta yang memiliki pengetahuan cloud dan intelegensi data, untuk memenuhi kebutuhan transformasi digital berbagai bisnis di Indonesia dan sekitarnya.

Menurut Leon, ke depan program ini akan terus dijalankan mengingat kesuksesan Alibaba Cloud Academy yang baru diadakan tahun lalu di mana partisipannya sudah melebihi target ALibaba Cloud.

"Darisitu kami melihat peluang yang sangat besar untuk market ini dan talent-nya pun sangat berkembang. Oleh sebab itu, ketika kami melihat ada kesempatan bermitra dengan Binus, maka kami tidak hanya akan melatih siswa tapi juga trainer-nya. Dengan adanya kesempatan untuk melatih trainer tersebut maka akan terjadi transfer skill," kata Leon.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)