Jurus Elnusa Cetak Pendapatan Rp1,45 Triliun

Hingga kuratal I/201, PT Elnusa Tbk. sebagai  penyedia jasa hulu migas, mbukukan pendapatan Rp1,45 triliun. Jumlah itu mengalami lonjakan 50% dibandingkan periode yang sama tahun 2017. Sementara  itu, laba berish naik dari Rp5 miliar menjadi Rp71 miliar.

Budi Rahardjo, Direktur Keuangan Elnusa, mengatakan, peningkatan kinerja keuangan tak luput dari peningkatan rasa  kepercayaan diri dan optimisme Elnusa akan terus dapat  menggenjot pertumbuhannya ke depannya. "Kami yakin kinerja Elnusa pada tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun 2017. Strategi percepatan kinerja operasi dan diversifikasi portofolio pun akan terus kami lakukan," ujar Budi.

Pada kuartal ini profitabilitas perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki Pertamina ini juga terlihat kembali membaik. Marjin laba kotor  mencapai 10,4% dari periode sebelumnya yang sebesar 7,4%. Marjin laba operasi juga tumbuh signifikan menjadi 6,5% dari sebelumnya 2,5%. Marjin laba bersih dan marjin EBITDA berhasil dibukukan sebesar 4,9% dan 13,2%.

Budi menjelaskan, fokus Elnusa di tahun 2018 ini masih pada percepatan kinerja operasional hulu migas disertai optimalisasi jasa berbasis nonaset (operation & maintenance) dan ditopang oleh kinerja jasa distribusi & logistik energi yang semakin tumbuh tinggi. Sampai kuartal pertama, jasa pemeliharaan sumur migas dan bisnis nonaset telah mengantongi beberapa kontrak signifikan untuk mendukung pertumbuhan kinerja ke depan.

"Beberapa kondisi baru seperti peningkatan harga minyak dan peralihan blok Mahakam kepada Pertamina diharapkan memberi dampak positif kepada kontraktor jasa migas termasuk Elnusa. Kinerja jasa distribusi dan logistik energi Elnusa juga semakin membaik seiring meningkatnya pertumbuhan volume penyaluran BBM, manajemen depo serta perdagangan BBM inmar," ungkapnya.

Budi juga mengungkapkan, perusahaan jasa energi terpadu, dengan kompetensi inti di jasa hulu migas yaitu jasa seismik, jasa pemboran dan pemeliharaan lapangan migas ini telah menuangkan visi baru yaitu Reputable Energy Services Company by Providing Total Solution.

Saat ini Elnusa melayani perusahaan migas nasional maupun internasional, antara lain Pertamina Group, Total E&P lndonesie, Chevron dan Vico Indonesia. Elnusa memiliki 6 anak perusahaan yang bergerak dalam bisnis jasa penunjang hulu migas dan jasa hilir migas.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!