Jurus Kementerian BUMN Membangun Engagement dengan Milenial

Salah satu upaya membangun engagement dengan generasi milenial adalah melakukan kegiatan yang dekat dengan behavior mereka. Game dan cosplay adalah dua dari banyak hal yang sangat lekat dengan mereka.

Kementerian BUMN menggandeng PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) menggelar acara “Spirit of Millennials Games Day 2018” di Jiexpo Kemayoran Jakarta (13/12/2018) sebagai langkah membangun engagement dengan SDM milenial yang kini menempati porsi dominan di berbagai BUMN.

Langkah ini juga merupakan upaya mengembangkan ekosistem industri digital di Indonesia. Festival ini bagian dari program Spirit of Millennials yang diinisiasi Kementerian BUMN untuk memberikan wadah kreativitas dan inovasi bagi karyawan muda yang akan dibentuk di masing-masing BUMN guna mendorong semangat transformasi BUMN dalam menghadapi era perubahan.

Ada beberapa kegiatan di festival ini, seperti Turnamen PUBG Millennial BUMN, Turnamen Millennial Pro Mobile bagi komunitas yang didukung jaringan Telkomsel, BOD Games Exhibition yang mengikutsertakan jajaran direksi BUMN untuk bertanding dengan pemain profesional, dan Turnamen Millennial Pro yang diikuti oleh 16 finalis pertandingan IndiHome E-Sport League 2018 yang merupakan pemain profesional.

Keenambelas finalis ini telah tersaring dari 3.000 peserta yang 75% diantaranya merupakan pelanggan IndiHome. Menariknya para milenial BUMN yang hadir menggunakan kostum cosplay tokoh yang disukainya. Menteri BUMN RI Rini Soemarno, mengapresiasi peran aktif Telkom dalam menggali potensi generasi muda, khususnya karyawan milenial BUMN. “Program Spirit of Millennials merupakan upaya Kementerian BUMN dalam memaksimalkan potensi karyawan milenial setiap BUMN agar bisa menjadi aktor utama perubahan positif baik bagi perusahaan maupun bagi Indonesia,” tuturnya saat di Jiexpo Kemayoran.

Melalui program inj pula Kementerian BUMN mendorong semangat kreativitas, kebersamaan, kerja sama dan sportivitas para generasi muda BUMN yang diharapkan bisa ditularkan kepada seluruh lapisan masyarakat. "Telkom menuangkan semangat milenial tersebut dalam sebuah permainan digital yang sedang populer. Apa yang dilakukan Telkom cukup menarik, sebab permainan mencerminkan kecerdasan, kreativitas dan sportivitas para milenial BUMN,” imbuh Rini.

Menurutnya, inisiatif Spirit of Millennials ini bertujuan agar jajaran manajemen di BUMN dapat terus membina karyawan muda menjadi pegawai yang berkualitas, inovatif, dan kreatif.

Ia berharap para milenial  nantinya bisa membawa BUMN menghadapi berbagai perubahan di era globalisasi ini. Kami berharap BUMN dapat senantiasa eksis sebagai salah satu instrumen penting yang pendorong perekonomian bangsa.

Sementara itu, Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga, mengatakan Spirit of Millennial Games Day 2018 ini ditujukan dalam rangka mengembangkan inovasi games digital, yang diharapkan dapat mendorong perkembangan industri games di Indonesia, sehingga memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Alex berpesan agar generasi milenial mampu bersinergi mengembangkan ekosistem industri games nasional. “Para milenial diharapkan dapat menciptakan value-added dalam setiap permainan, sehingga yang ditawarkan tidak hanya sekedar permainan yang menyenangkan, tetapi permainan yang mampu mempertajam cara berpikir, menggali kreativitas dan sportivitas, serta edukatif, sehingga games dapat digunakan sebagai media untuk menanamkan nilai-nilai sosial dan memperkenalkan berbagai kebudayaan lokal atau internasional. Dengan begitu, ekosistem industri games nasional akan semakin berkembang pesat dan daya saing developer games Indonesia pun akan meningkat,” Alex menjelaskan.

Dalam festival games ini, terdapat juga talk show dan coaching clinic dengan tema “Peran Millennials dalam Membangun Industri Games Indonesia di Masa Depan” dengan narasumber yang telah berkarya di industri games Indonesia.

Spirit of Millenials Games Day 2018 menyediakan hadiah dengan total ratusan juta rupiah dan dimeriahkan oleh berbagai pengisi acara dan rangkaian acara menarik lainnya seperti kompetisi cosplay, kompetisi logo tim, kompetisi publikasi media sosial, serta hiburan permainan lainnya seperti archery, can toss dan dart balloon.

Editor; Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)