Marketing Trends

Jurus Marketing Aripat yang Iklannya Viral di Media Sosial

Jurus Marketing Aripat yang Iklannya Viral di Media Sosial

Sosok Arief Fadli yang sering disapa Aripat dikenal berhasil membawa Kece Entertainment berkembang dengan beberapa iklan karyanya yang viral di media sosial. Sebut saja campaign dan iklan-iklan ‘Anya Geraldine Mandi Lama’ di MS Glow, Marshel Widianto & Babe Cabita di MS Glow for Men, campaign ‘Makan Nasi Padang Pakai Tangan vs Pakai Sendok’ dari YouTuber Arief Muhammad, dan masih banyak lagi.

Pemuda kelahiran 30 Agustus 1997 ini sekarang menjabat sebagai Bos Kece Entertainment, sebuah marketing agency yang beroperasi di Jakarta.

Sebelum bekerja di Kece Entertainment, Aripat sudah berpengalaman di dunia

marketing sejak usia 20 tahunan. Dari lulus SMK Multimedia, Aripat sudah menjajal pekerjaan menjadi sales promotion boy di bazaar fashion, menjadi sales di perusahan properti dan leasing. Setiap profesi yang dia jalani, Aripat selalu belajar hal-hal baru di bidang marketing.

“Dari umur 20 tahun, saya sudah belajar banyak hal mulai dari copywriting supaya orang-orang tertarik sama apa yang saya jual. Contoh simple adalah pemilihan kalimat ‘Beli 1 bawa pulang 2’ itu kan jauh lebih efektif daripada kalimat ‘beli 1 gratis 1,”ujar Aripat.

Saat menjadi sales apartemen atau agen properti, Aripat berhasil menjual 8 unit apartemen dalam waktu kurang dari 4 bulan dengan total value penjualan lebih dari Rp1 miliar. “Keberhasilan ini adalah karena ilmu-ilmu marketing yang saya pelajari di lapangan dan dari mentor-mentor seperti personal branding di media sosial. Dan barulah waktu kerja di perusahaan leasing yang mengurus jaminan dana tunai

saya belajar yang namanya positioning. Ilmu copywriting, branding dan positioning ini yang saya bawa ke Kece Entertainment,” ungkapnya.

Beranjak dari SMK Multimedia, pekerjaan awal Aripat di Kece Entertainment adalah mengurus musik video. Berkat loyalitas, kerja keras, konsistensi dan persistensi yang dimiliki, kini dia menjabat sebagai pemimpin di Kece Entertainment.

Waktu masuk Kece Entertainment, Aripat mengaku belajar banyak hal, dari kerjaan awal-awal bikin music video yang beda dari yang lain, ada story, belajar bikin plot twist, mengedit vlog supaya banyak yang nonton, sampai akhirnya pandemi bisa survive karena banyak bekerj online. Waktu kerja online ini terasa pentingnya copywriting, positioning, dan branding.

“Tiga hal itu jadi dasar Kece Entertainment setiap mengerjakan iklan atau campaign untuk sebuah brand. Dari situ banyak brand yang mulai percaya kami,” dia menuturkan.

Karena merasa digital marketing jadi cara marketing yang efektif untuk saat ini, Aripat

memberikan tips dasar bagi anak-anak muda yang ingin membuat video marketing untuk campaign atau iklan.

“Yang pertama harus dipahami adalah dasar atau punya landasan dulu. Dasar atau landasan itu salah satunya keresahan. Sebuah produk yang baik itu beranjak dari keresahan dan produk itu jadi solusinya. Jadi fokus ke keresahan, keresahannya diriset, terus tonjolkan solusinya yang bisa relate (dirasakan) sama banyak orang. Konten media sosial yang penuh likes sama comments itu kan biasanya yang relate sama banyak orang,” ucap Aripat menguraikan.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved