Jurus Pengusaha Jebolan Pesantren Memberdayakan Potensi dalam Negeri

Forbis ikpm

Sudah menjadi prinsip dasar bagi alumni pondok pesantren untuk dapat berdikari di negeri sendiri. Dengan berbagai upaya, jutaan alumni pondok pesantren turut serta membangun ekonomi Indonesia lewat bidang usaha mikro, kecil, menengah hingga besar yang ditekuninya.

Sebagaimana yang dijalankan oleh lulusan Pondok Modern Darussalam Gontor. Lewat bendera Forum Bisnis (Forbis) IKPM Gontor, ratusan pengusaha alumni bersinergi dalam menguatkan potensi ekonomi berbasis kearifan lokal. "Yang terjaring baru mencapai 500 pengusaha. Jika merujuk pada usia pondok yang ke 90 tahun, saya kira jumlah pengusaha alumni Gontor mencapai ribuan," jelas Agus Maulana, Ketua Umum Forbis IKMP Gontor kepada SWA Online.

Adanya sinergi antar pengusaha alumni yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara hingga mancanegara, akan bisa mewujudkan usaha berbasis lokal dan berdaya saing global rasanya bukan hanya isapan jempol semata, meski harus ditempuh dengan kerja ekstra keras.

Guna mengukuhkan komitmen tersebut, pada acara International Islamic Fair (IIF) di JI Expo Kemayoran Jakart, Agus dan segenap jajaran pengurus Forbis IKPM Gontor dilantik secara resmi oleh pimpinan Pondok Gontor, Hasan Abdullah Sahal (22/10/2016).

Sebagai tambahan informasi, berikut bidang yang menjadi fokus kinerja pengurus Forbis IKPM Gontor untuk 3 tahun ke depan, antara lain bidang pariwisata, tour dan travel. Kedua, bidang kuliner dan resto. Ketiga, bidang konveksi dan fashion, retailer, perdagangan jasa dan barang dan lainnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)