Jurus Super Teachers Ciptakan Generasi Emas

Perubahan teknologi informasi dan komunikasi dinamis saat ini menghadirkan tantangan tersendiri bagi sektor pendidikan. Sebagai aktor utama dalam pendidikan, peran guru menjadi krusial karena dianggap sebagai sumber informasi pertama yang membuka jendela wawasan dalam praktek pendidikan normatif.  Guru juga harus menjadi role model terbaik bagi siswanya baik di kelas maupun di luar kelas.

“Empat kompetensi dasar yang harus dimiliki antara lain kemampuan untuk berpikir kritis, kemampuan untuk berkomunikasi baik menggunakan media maupun secara langsung, kemampuan berkolaborasi, dan kreativitas untuk menghasilkan inovasi,” ungkap Tagor Alamsyah Harahap, Kepala Bagian Perencanaan dan Penganggaran Sekretariat Ditjen GTK dari  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Mengingat pentingnya empat kompetensi dasar yang wajib dimiliki oleh peserta didik dan peran guru dalam membantu siswa menggali potensi diri, Quipper Indonesia sebagai salah satu perusahaan edukasi teknologi ingin turut andil dalam menciptakan generasi emas bagi Indonesia. Terdapat sebuah fakta dimana motivasi belajar kurang, tampilan pelajaran kurang menarik, dan implementasi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal penting yang kerap kali luput dari pengajaran normatif di kelas.

Pipit Indrawati , Head of Content Quipper Indonesia, menuturkan, saat ini fokus Quipper adalah merancang konten bagi generasi Z yang menitikberatkan kepada critical thinking, konten aplikatif yang implementasinya dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari, video animasi agar menarik bagi para pelajar sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. Oleh sebab itu Quipper Indonesia merancang sebuah program yang dinamakan Quipper Super Teachers di mana sejumlah guru profesional dan  tokoh inspiratif mengajar di Quipper Video sebagai upaya untuk membantu peserta didik mengasah kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan kreativitas agar menjadi generasi emas yang unggul dan kompeten dalam menghadapi tantangan abad 21.

Quipper Super Teachers terdiri dari individu berbakat dengan latar belakang dan keahlian berbeda-beda. Quipper Super Teacher pun menghadirkan Febby Rastanty dan Vidi Aldiano. Febby dipilih karena kesuksesannya sebagai aktris tidak membuatnya mengesampingkan pendidikan. Terbukti Febby lulus cum laude dan hanya 3,5 tahun dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Kemudian Vidi Aldiano, sukses sebagai penyanyi, tapi tidak menyurutkan mimpinya untuk meraih gelar Magisternya di University of Manchester. Selain kedua nama ini, terdapat sejumlah guru profesional yang merupakan favorit para pelajar pengguna Quipper Video. Mereka adalah Cecep Saiful Mukti, Fiktor Piawai, Pratita Atinirmala, dan Andjar Tyassih. “Menjadi guru di Quipper Video merupakan sebuah kesempatan yang luar biasa, karena saya dapat menyalurkan kecintaan saya dalam mengajar apalagi saya tidak hanya memberikan dampak kepada orang di dalam satu kelas saja, tapi ke seluruh anak Indonesia yang mengakses Quipper Video,” ungkap Vidi.

Untuk menghasilkan generasi yang memiliki kompetensi yang mumpuni, guru juga harus diberikan pelatihan khusus agar memenuhi standar kompetensi tersendiri. Mengingat tantangan guru dalam menggunakan metode kolaboratif, kreatif, dan berkelanjutan harus terus diasah mengikuti perkembangan zaman. Dalam hal ini pemanfaatan teknologi dapat menjawab tantangan tersebut, salah satunya dengan Quipper Super Teachers yang menghadirkan guru dari berbagai figur dan latar belakang berbeda.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)