Jurus WOM Finance Tingkatkan Layanan Konsumen

Di tengah pandemi Covid-19, PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) berusaha untuk mengejar target pembiayaan sekitar Rp 6,5 triliun. Berbagai upaya dilakukan agar kinerjanya tetap stabil dan terjaga. Misalnya, memberikan program restrukturisasi terhadap pelanggan yang terdampak langsung Covid-19 dibeberapa sektor, untuk memberikan kemudahan dan keringanan pembayaran disaat kondisi pandemi seperti sekarang, sesuai dengan anjuran Pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan. 

Selain itu, di saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), WOM Finance juga mempermudah akses layanan konsumen dengan membuka kembali Kantor Layanan yang ditutup sementara karena pandemi Covid-19 serta kemudahan pembayaran melalui Digital.

Untuk menjalankan salah satu strateginya pada Kuartal IV tahun 2020, WOM Finance membuka kembali Kantor Layanannya pada awal Oktober 2020 di beberapa daerah potensial. Kegiatan yang berjalan kembali adalah kegiatan operasional dan pemasaran yang tentunya akan menyesuaikan dengan fase adaptasi kebiasaan baru​.

Menurut Djaja Suryanto Sutandar, Presiden Direktur WOM Finance, perkembangan positif dari penanganan pandemi sudah mulai terlihat sehingga WOM Finance pun mulai menjalankan bisnisnya secara bertahap.  Rencananya, sebanyak 15 Kantor Layanan sudah siap untuk dibuka kembali tentunya dengan melaksanakan protokol kesehatan yang diinstruksikan oleh Pemerintah. 

Kantor Layanan tersebut terdapat di beberapa daerah seperti Pamulang, Rajeg, Cisauk, Tambun, Gunung Putri, Krian, Waru, Rungkut, Kertosono, Batu Aji, Tembung, Gowa, Maros, Gombong dan Banjarnegara serta beberapa daerah lainnya. 

Diakuinya, kantor layanan tersebut kembali beroperasi karena wilayahnya masih memiliki potensi yang besar. Melihat kondisi seperti ini, manajemen melakukan analisa dampak dan potensial wilayah dengan hati-hati agar beroperasionalnya kembali kantor layanan tersebut dapat memberikan dampak signifikan terhadap kinerja perusahaan di tahun ini.

Sebelum membuka operasional kantor, WOM Finance telah menyiapkan protokol kesehatan dan penerapan ​physical distancing untuk karyawan maupun konsumen yang datang untuk melakukan transaksi. Protokol kesehatan yang diterapkan, antara lain, penggunaan masker, sarung tangan dan ​face shield ​oleh petugas ​frontliner​, pengecekan suhu tubuh konsumen dan karyawan, penempatan ​hand sanitizer​, membuat jarak antrian antar konsumen serta memasang penyekat akrilik pada meja teller dan ​customer service​. “Operasional seluruh kantor layanan kami telah menerapkan protokol yang ketat sehingga konsumen merasa aman dan nyaman untuk bertransaksi di kantor layanan WOM Finance,” katanya. 

Diakui Djaja, dengan beroperasionalnya kembali kantor layanan WOM Finance akan memberikan solusi keuangan yang tepat dan terpercaya sesuai dengan kebutuhan konsumen. “Di masa Pandemi saat ini, Kami siap melayani sebagai mitra keuangan yang handal dan profesional,” kata Djaja.

Bahkan, untuk memudahkan seluruh konsumen dalam membayar angsuran, WOM Finance bekerjasama dengan induk perusahaan PT Bank Maybank Indonesia Tbk menyediakan akses pembayaran angsuran melalui QRIS ​(Quick Response Code Indonesian Standard).​ Menurut Djaja, mulai awal Oktober 2020, WOM Finance dapat menerima pembayaran angsuran melalui QRIS di 5 Kantor Layanan WOM Finance seperti Daan Mogot, Kemayoran, Rawamangun, Ciputat dan Tangerang. Sedangkan pada pertengahan Oktober 2020, Pembayaran melalui QRIS akan berlaku secara nasional di seluruh Kantor Cabang.

Konsumen dapat melakukan pembayaran angsuran berbasis kode QR dengan menggunakan 16​e-wallet atau​ e-money​ dan 22 mobile banking. Penggunaan kode QR dalam pembayaran sangat membantu konsumen melakukan pembayaran secara cepat, efisien dan ​real time.

Ditengah Pandemi Covid 19, Djaja menghimbau konsumen untuk melakukan transaksi secara digital maupun melalui ​channel payment. ​Konsumen dapat melakukan pembayaran melalui kanal pembayaran via ​online ​yang telah tersedia seperti melalui transfer bank atau juga lewat ​minimarket, seperti Indomaret dan Alfamart. 

Selain itu, WOM Finance juga telah bekerjasama dengan beberapa ​marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak, di mana konsumen juga dapat membayarkan angsurannya melalui kedua platform marketplace tersebut. “Kerjasama dengan ​platform marketplace ​akan terus kami kembangkan, seiring dengan era adaptasi kebiasaan baru ini kebutuhan digital pun berkembang semakin dinamis,” katanya.

Penerimaan pembayaran digital dan melalui ​platform ​marketplace ​ini merupakan langkah optimal kami dalam menambah akses kemudahan sistem pembayaran bagi konsumen. “Kami berharap dengan adanya kemudahan transaksi digital tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh konsumen setia WOM Finance,” kata Djaja.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)