Jusuf Kalla: Tidak Ada Negara Maju Tanpa Inovasi

Jusuf Kalla sedang memukuk gong pada puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-24 di Bali

Provinsi Bali sukses menggelar rangkaian kegiatan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 Tahun 2019. Puncak peringatan ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dan Gubernur Bali Wayan Koster di Lapangan Puputan Renon Denpasar, Bali, Rabu (28/8).

Provinsi Bali dipilih menjadi tuan rumah acara bertema “Iptek dan Inovasi dalam Industri Kreatif 4.0” ini karena memiliki potensi wisata, budaya, industri kreatif, entrepreneur, institusi pendidikan tinggi, peneliti dan inovator, serta berkelas internasional.

Wapres Jusuf Kalla (JK) dalam sambutannya menyatakan,  kemajuan sebuah bangsa sangat ditentukan oleh Iptek dan Inovasi. “Tidak ada negara maju tanpa inovasi,” ujar Jusuf Kalla.

Selain inovasi dalam bidang manufacturing, menurut Wapres lagi, Indonesia membutuhkan banyak inovasi dalam bidang pertanian dan pangan, peternakan, serta inovasi dalam bidang pelayanan publik. Iptek dan Inovasi, baru bermakna jika bisa dipasarkan sehingga hasilnya bisa memberi manfaat bagi masyarakat.

“Oleh karena itu butuh kerja sama antara akademisi, perguruan tinggi, dengan perusahaan. Semua menyumbang tenaga untuk berinovasi membangun bangsa,” ujar Wapres.

Puncak Hakteknas juga ditandai dengan pemberian Anugerah Iptek dan Inovasi kepada pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, perguruan tinggi, lembaga pemerintah non kementerian, pelaku industri (BUMN dan swasta), masyarakat umum, lembaga non-pemerintah dan kelompok masyarakat karena telah berkontribusi nyata dalam kemajuan Iptek dan Inovasi di Indonesia. Di acara puncak peringatan, Menristekdikti memberikan langsung Anugerah Iptek dan Inovasi dalam delapan kategori penghargaan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)