K-Log Park Dorong Bisnis Logistik Tumbuh 20%

Kehadiran K-Log Park berdampak positif terhadap kinerja PT Kamadjaja Logistic. Bisnis logistic mereka tumbuh 20% berkat tiga K-Log Park di Cibitung, Medan, dan Surabaya. “K-Log Park bisa dibilang terobosan. Pemain lain di industry juga mengakuinya,” kata Ivan Kamadjaja, CEO Kamadjaja Logistic meski enggan merinci kinerja perusahaan.

K-Log Park menyediakan solusi logistik yang lengkap dan terintegrasi, mulai dari warehousing & distribution, domestic & international freight forwarding, land transport, container yard, toll manufacturing dan value added service dalam satu atap.

Ivan Kamadjaja (utama)

Putra sulung Hura Kamadjaja ini mengatakan, perseroan mulai membuat rencana jangka pendek, menengah, dan panjang mulai 2009 lalu. Menurut dia, seorang pemimpin yang visioner harus bisa mengarahkan kapal perusahaan mencapai rencana besar hingga 10 tahun mendatang.

“Seorang CEO memastikan rencana 5 tahunan berjalan sesuai track. Rencana itu di-breakdown menjadi rencana tahunan. Setiap lini harus bergerak ke arah yang sama. Jadi, perlu ada diskusi rutin dengan para pemimpin dari masing-masing departemen,” ujar dia.

Sejak 2013 lalu, manajemen memulai transformasi yang meliputi mindset, people, process, dan technology di Kamadjaja Logistic. Ivan juga harus memastikan tiap departemen memahami empat poin transformasi agar bisa bergerak ke arah yang sama. Salah satu yang diperkuat adalah kerja tim.

“Tahun ke tahun, kami berupaya menghilangkan silo minded di dalam. Perlu 4 tahun lebih untuk mengubah silo minded ini. Team work adalah salah satu core value Kamadjaja, karena sebelumnya karyawan masih bekerja dengan silo minded,” kata dia.

Kerja tim yang kuat sangat dibutuhkan di era disrupsi inovasi seperti sekarang. Persaingan di bisnis logistik kian ketat seiring semakin banyaknya pemain. Perusahaan yang mampu memberi layanan terbaik yang akan menjadi pemenang.

Awal tahun ini, Kamadjaja Logistic meluncurkan layanan K-Log Track. Ini adalah inovasi terbaru yang didukung teknologi canggih. Pelanggan bisa memastikan barang yang dikirim bisa sampai ke tujuan sesuai waktu yang ditetapkan.

“Dulu, orang hanya ingin tahu ada di mana barangnya. Sekarang sudah lebih detil mau berapa jam lagi sampai di tujuan. K-Log Track salah satu inovasi kami tahun ini. Kami terus berinovasi dengan dukungan teknologi terbaru,” kata dia.

Salah satu yang tengah berjalan adalah perbaikan sistem ERP yang sudah dilakukan sejak tahun ini. Perseroan juga tengah mengembangkan proyek New Dimension, yakni aplikasi logistic yang meliputi warehouse management system, forwarding management system, container management system dan lainnya. “Semua itu baru go live dua bulan lalu,” katanya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)