KADIN Indonesia – Rusia Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan, Investasi dan Pariwisata

Ketua Umum KADIN Indonesia, Rosan P. Roeslani (ke-1 dari kanan)

Hubungan ekonomi bilateral Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Rusia di masa depan diharapkan tidak hanya terkait bidang perdagangan saja, tapi juga investasi dan pariwisata. Demikian diungkapkan oleh Ketua Umum KADIN Indonesia, Rosan P. Roeslani dalam sambutannya di acara 'Dialog Bisnis Indonesia – Rusia' di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan (12/3/2019).

“Potensi kerja sama ekonomi Indonesia dan Rusia belum terbangun kuat, terutama bidang pariwisata dan penanaman modal (investasi). Rata-rata nilai investasi kerja sama Indonesia – Rusia hanya US$2,5 miliar per tahun. Nah, melaui pertemuan ini yang dihadiri oleh pelaku bisnis dan delegasi pemerintah kedua negara diharapkan dapat meningkat jadi US$5 miliar tahun 2020,” jelas Rosan. Hal ini bisa terwujud bila didukung oleh pemerintah, dunia usaha dan stake holders.

Dengan forrum komunikasi seperti ini secara regular, nanti akan bisa diketahui opportunity apa saja yang bisa digarap kedua pihak. “Tahun ini diharapkan ada perkembangan langsung hubungan Indonesia – Rusia yang tidak sekadar hubungan perdagangan, tapi juga investasi dan pariwisata,” ujar Rosan menegaskan.

Seperti yang kita ketahui, perdagangan antara Rusia dan Indonesia menunjukkan perkembangan yang sangat progresif. Dalam rangka memperkuat hal tersebut, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) kedua negara, Rusia dan Indonesia, sepakat untuk lebih memperkuat hubungan. Hal ini dibuktikan dengan Kunjungan Presiden Russian Federation Chamber of Commerce and Industry (KADIN Rusia), Sergey N. Katyrin kepada Ketua Umum KADIN Indonesia, Rosan P. Roeslani.

Pertemuan ini selain bertujuan meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dan Rusia juga menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk memperkenalkan berbagai potensi investasi dan perdagangan kepada para pelaku bisnis di Rusia.

“Kami sangat ingin menjalin hubungan baik dengan para pengusaha Indonesia. Inilah yang mendorong kami untuk selalu membantu pengusaha di Rusia untuk mencari rekan bisnis yang tepat di Indonesia,” kata Presiden Russian Federation Chamber of Commerce and Industr), Sergey N. Katyrin. KADIN Rusia siap bekerja sama dan tukar-menukar informasi demi perkembangan hubungan perdagangan dengan Indonesia, Juga, mengundang Indonesia untuk berpartisipasi dalam pameran Expocentre di Rusia. Pertemuan ini juga menandai kunjungan pertama Presiden Russian Federation Chamber of Commerce and Industry ke Indonesia dalam 20 tahun terakhir.

Rombongan Russian Federation Chamber of Commerce and Industry terdiri juga dari beberapa Ketua Kamar Dagang Regional dari Rusia seperti dari Kuzbass, Primorsk serta Lipetsk maupun sejumlah pengusaha Rusia dari berbagai industri. Selain membawa misi mempererat hubungan dagang, Russian Federation Chamber of Commerce and Industry juga memperkenalkan kepada para pelaku bisnis di Indonesia sebuah perusahaan pameran terbesar di Rusia bernama Expocentre.

Expocentre adalah salah satu perusahaan pameran terbesar di Rusia yang merupakan bagian dari Russian Federation Chamber of Commerce and Industry yang menyelenggarakan lebih dari 100 pameran setiap tahunnya.

Lewat berbagai pameran yang diselenggarakan Expocentre ini, eksportir Indonesia dapat memamerkan produknya di Rusia. Pameran yang digelar Expocentre juga menjadi pintu masuk terbaik bagi produk-produk Indonesia untuk dipasarkan di negara-negara di sekitar Rusia, termasuk Eropa Timur.

Untuk itu, Ketua Kadin Komite Rusia Didit Ratam menyambut baik ajakan dari delegasi Expocentre yang dipimpin oleh General Director Sergey S. Bednov. “Selama tiga tahun terakhir, Indonesia menunjukkan geliat perkembangan yang luar biasa dari dari para pelaku UKM yang didukung oleh perkembangan teknologi saat ini. Saya optimis kunjungan delegasi Rusia bisa memberikan dampak positif ke Indonesia bagi dunia bisnis di Indonesia yang sedang giat-giatnya melakukan gerakan ekspor,” ujar Didit dalam keterangannya.

KADIN Indonesia memfasilitasi pertemuan antara delegasi Expocentre dengan para pelaku ekonomi Indonesia lewat penyelenggaraan Presentation of JSC “Expocentre” yang diadakan di The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan dengan menghadirkan General Director Expocentre Sergey S. Bednov serta presentasi yang dibawakan oleh Head of Exhibition Operating Management Ekaterina Bednova. Setelah sesi presentasi, pertemuan bisnis antara delegasi Kadin Rusia dan para pelaku bisnis di Indonesia pun digelar untuk menghasilkan berbagai tindakan konkret ke depan.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)