KAI Raih Suntikan Investasi Rp3,5 Triliun dari Pemerintah

PT Kereta Api Indonesia menerima investasi dari pemerintah sebesar Rp3,5 triliun untuk pemulihan ekonomi nasional. Pemberian investasi ini merupakan bagian dari kebijakan keuangan negara untuk mempercepat penangan pandemi covid-19 dan penyelamatan ekonomi nasional.

“Pendanaan ini untuk mendukung likuiditas dan solvalbilitas KAI, khususnya digunakan untuk operasional KAI akibat terdampak pandemi Covid-19,” kata Didiek Hartantyo, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia.

Dia berharap, investasi yang diberikan oleh pemerintah bisa mendukung kebutuhan operasional cash flow perusahaan. Dana tersebut nantiya akan dipergunakan sebagai pemenuhan arus kas operasional.

“Kami berharap sektor perkeretaapian dapat kembali beroperasi normal seperti kondisi yang sebelumnya. Dengan demikian diharapkan dapat berdampak positif terhadap kinerja operasional dan keuangan KAI.” Kata dia.

Di sisi lain, Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Edwin Syahruzad mengatakan bahwa proses penyaluran investasi telah melalui kajian dan komprehensif untuk menilai kondisi keuangan KAI. Kajian yang dilakukan tidak hanya mencakup aspek financial, tetapi juga aspek hukum dan kelayakan ekonomi dengan melibatkan lembaga independen.

“SMI bersama Kementerian Keuangan telah melakukan kajian atas faktor-faktor risiko serta upaya mitigasi atas risiko tersebut. Diharapkan dengan adanya Investasi Pemerintah ini kinerja KAI akan kembali pulih,” kata Edwin. 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)