Kalibrr Indonesia Ubah Lanskap Perekrutan dan Perang Talenta

Sejak mulai beroperasi di Indonesia dua tahun lalu, Kalibrr telah menghadirkan sebuah pendekatan baru untuk mengubah lanskap perekrutan di Indonesia.

Hal tersebut dilakukan oleh perusahaan rintisan ini setelah memahami adanya perubahan dalam industri perekrutan dan meningkatnya perang talenta yang semakin intens.

Peningkatan perang talenta ini dapat terlihat dari turunnya posisi Indonesia dari peringkat 39 pada tahun 2017 ke peringkat 42 tahun ini berdasarkan laporan The Global Talent Competitiveness Index, perihal kemudahan perusahaan Indonesia dalam menarik dan mempekerjakan kandidat yang tepat sasaran1. Kalibrr percaya bahwa perekrut tidak lagi dapat sekadar menunggu datangnya lamaran.

Namun, pada pasar berbasis tenaga kerja saat ini, perusahaan-perusahaan seyogianya mulai mengadopsi strategi perekrutan yang mengungguli kompetitor mereka. Perusahaan harus secara konsisten fokus pada cara menarik talenta terbaik, menciptakan pengalaman kandidat yang positif dan mengesankan, mengurangi waktu dan biaya, dan tentunya tidak mengabaikan kandidat terbaik.

Sebagai perusahaan teknologi, Kalibrr terus berinovasi dan mengadvokasikan pentingnya penggunaan inovasi teknologi sebagai solusi dalam menjawab kebutuhan dan tantangan ekonomi saat ini, terutama pada area perekrutan. Solusi perekrutan Kalibrr terdiri dari tiga layanan utama yang mendukung pelaku bisnis di setiap perjalanan dan tahapan perekrutan.

Pertama, portal talenta yang menghubungkan perusahaan-perusahaan dengan database ekstensif dari jobseekers relevan dan berkualitas tinggi. Kedua, sistem perekrutan khasnya yang mengombinasikan fungsi Applicant Tracksing System (ATS) yang mudah digunakan dengan mesin berbasis Artifiicial Intelligence yang bekerja layaknya headhunter untuk mencari dan merekomendasikan kandidat terbaik untuk pekerjaan pada perusahaan. Ketiga, layanan employer branding, yang membantu pelaku bisnis untuk membangun dan mengembangkan esensi employer brand guna memosisikan diri secara unik di pasar.

“Tujuan Kalibrr adalah untuk membantu pelaku bisnis mempekerjakan talenta terbaik dengan mengoptimalkan kombinasi unik dari database pencari kerja berkualitas tinggi, layanan employer branding, dan penawaran sistem perekrutan,” jelas Dexter Ligot-Gordon, Co-Founder Kalibrr.

Selama dua tahun, beragam pelaku bisnis mulai dari unicorns teknologi seperti Go-Jek dan Lazada, hingga pemimpin industri bank di Indonesia seperti Bank Mandiri dan Bank Central Asia (BCA), sampai Forbes 500 companies seperti Accenture, telah memercayai Kalibrr sebagai pilihan solusi perekrutan.

“Platform dan database Kalibrr sangat membantu kami dalam mencari kandidat berkualitas dengan jumlah yang cukup banyak, sesuai dengan kebutuhan bisnis kami di bidang perbankan. Hal itulah yang menjadikan kami memutuskan untuk berinvestasi dan berkolaborasi dengan Kalibrr sebagai solusi perekrutan,” ujar Juliawati Wijaya selaku Kepala Biro Perekrutan di BCA.

Kalibrr telah mengimplementasikan sejumlah community engagement, termasuk bekerja sama dengan beberapa universitas negeri dan swasta serta memfasilitasi asosiasi pelajar Indonesia di universitas luar negeri untuk mengadakan kunjungan kampus pada perusahaan-perusahaan Indonesia yang menawarkan pengalaman bernilai untuk kesempatan berkarier.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!