Kalteng Resmi Miliki Bandara Baru Senilai Rp380 Miliar

Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam peresmian Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh

Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin meresmikan Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh senilai Rp380 miliar. Bandara tersebut terletak di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah dan dapat menampung 55.000 penumpang per tahunnya. “Pembangunan infrastruktur dilakukan agar seluruh wilayah RI itu bisa terkoneksi dan terakses seluruhnya,” kata Wapres.

Pembangunan bandara tersebut, menurutnya, merupakan program prioritas nasional dan upaya pemerintah untuk meningkatkan konektivitas udara yang sejalan dengan pembangunan lumbung pangan (food estate) di Kalimantan. Dia berharap bandara ini dapat memberikan kontribusi bagi pergerakan ekonomi, pariwisata, pertambangan batu bara, emas, serta kelapa sawit. Selain itu, kerjasama dengan pihak maskapai pun perlu dibangun.

“Demikian juga dengan layanan kargo sehingga kualitas produk yang dihasilkan dari Kabupaten Barito Utara dapat didistribusikan ke berbagai wilayah,” kata dia. Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa bandara tersebut terletak di tengah kota sebagai konektivitas terhadap wilayah Kalimatan Timur wabilkhusus wilayah Balikpapan dan samarinda, Kalimantan Barat yang mencakup Pontianak, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Makassar, Sulawesi Selatan.

“Bandara ini dibangun untuk melayani konektivitas masyarakat Kabupaten Barito Utara, baik penumpang maupun kargo, dan aktivitas ekonomi berupa pertambangan batu bara dan emas, serta mendukung lokasi penyangga food estate di Kalimantan,” kata Menhub.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)