Kaman Siboro : BPR Fokus Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Kaman Siboboro, Pemilik Grup Universal BPR dan Komisaris Utama Universal BPR,

Kaman Siboro bukan nama baru di dunia perbankan, khususnya di Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Pemilik Grup Universal BPR dan Komisaris Utama Universal BPR, kini mengelola 5 BPR yang tersebar di Jabodetabek, Jawa Barat, Jambi, Riau, dan Kalimantan Barat dengan total aset sebesar Rp 609 miliar.

Memulai karir perbankan sebagai Management Trainee dan terakhir sebagai Senior Vice President Bank Permata, Kaman dikenal berperan aktif dalam pengembangan kredit kemitraan untuk puluhan ribu peternak dan petani plasma perkebunan kelapa sawit yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dari pengalaman sebagai seorang bankir, ia melihat banyak peluang pengusaha kecil yang bisa maju dan bertumbuh jika diberikan kesempatan berupa modal dan bimbingan. 

Dan, tahun 2003 ia merintis  mendirikan Universal BPR. Harapannya, semoga semakin dapat menjadi berkat bagi banyak orang dalam setiap kegiatan dan pelayanan mewujudkan misi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,sekaligus juga dapat menjadi inspirasi semangat gotong royong kepada sesama. “Peduli akan kondisi orang lain serta memberi bimbingan menuju jalan kesuksesan merupakan kepuasan tersendiri bagi saya,” katanya.

Perjalanan yang panjang ini membuat Universal BPR berdiri kuat dengan misi yang mulia, yaitu menjadi bank perkreditan rakyat yang berfokus meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan penuh integritas, respek dan perbaikan terus menerus. Hal ini menjadi dasar bagi perusahaan untuk selalu memberi dampak positif bagi orang banyak dan terus bertumbuh dan berkembang menjadi lebih baik.

Untuk mengembangkan BPR yang dirintis, Kaman bermitra dengan temen dekat yang chemistry dan misinya  sama dan bersedia investasi berupa saham sebagai partner, misalnya para keluarga dekat dan temen dekat yang bersedia investasi dalam bentuk deposito dengan pendapatan tetap.

Diakui Kaman untuk menyakinkan calon nasabah, ia melakukan pendekatan sebagai keluarga dan teman dekat. Serta nasabah yang percaya dengan profesional manajemen BPR  dan dengan adanya jaminan dana simpanan oleh LPS . Selain itu, khusus peminjam di berikan ke pasar dan perumahan yang lokasinya dekat kantor.

Seiiring dengan perkembangan, kini Universal BPR menawarkan berbagai jasa seperti  Simpanan (Tabungan dan Deposito), Pinjaman (Kredit Modal Kerja, Kredit Multiguna, Kredit Deposito).

Untuk bersaing dengan BPR ataupun bank lainnya, Menurut Kaman, Universal BPR melakukan akselerasi proses peningkatan kompetensi dan kesiapan infrastruktur, melalui akselerasi digitalisasi bekerjasama dengan Bank Umum dan IT provider seperti VA Realtime, EDC, Bill payment, e-money, co-branding mobile banking.

Selain itu, akselerasi juga dilakukan dalam Organization Development & Winning Team antara lain dengan dengan konsultan SDM FIDES, new recruitment untuk support key position dan program development seperti Management Trainee, kerjasama peningkatan kompetensi SDM dengan IBS, kerjasama people development. 

Diakui Kaman, pandemi Covid-19 berdampak terhadap likuiditas BPR. Terjadinya perpindahan dana dari BPR kepada Bank Umum, terjadi peningkatan dalam hal penarikan dana simpanan yang dilakukan oleh nasabah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ataupun bisnisnya, adanya kesempatan di pasar saham dan property, adanya mismatch jangka waktu terhadap dana yang tersedia.

Untuk menghadapi kondisi tersebut, ia pun terus melakukan berbagai cara misalnya meningkatkan kedekatan hubungan dengan core deposan besar dan rekan Universal BPR. Peningkatan branding dengan mengaktifkan media sosial, termasuk Influencer. Dari sisi program marketing, melakukan digital marketing, Member Get Member, program Deposito Peduli dan mencari opsi dana jangka panjang kepada beberapa Bank Umum.

Harus diakui pandemi Covid-19, berdampak terhadap kualitas kredit, dengan terganggunya usaha dan pekerjaan debitur, yang menyebabkan pendapatan/omset menurun. Hal ini berimbas kepada kemampuan debitur (khususnya yang terdampak COVID-19) untuk membayar angsuran kredit.

Di era new normal, dengan gaya hidup masyarakat yang juga ikut berubah menjadi lebih melek teknologi, Universal BPR akan berfokus untuk menggenjot digitalisasi dalam layanan perbankannya. Tentunya, hal ini sejalan dengan fokus dari perusahaan yakni memberikan pelayanan yang optimal kepada nasabah.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)