Karyawan Maybank Dapat 4 Fasilitas Wah Ini

PT Bank Maybank Indonesia Tbk punya strategi jitu untuk merekrut dan menjaga karyawan terbaiknya. Harapannya, Maybank Indonesia menjadi tempat paling indah dan nyaman untuk bekerja. “Kami menerjemahkan ke dalam Employee Value Proposition (EVP). Apa hal unik yang membuat orang bekerja di Maybank,” Irvandi Ferizal, Human Capital Director Maybank Indonesia.

Ada 4 hal, pertama, Go Ahead Grow dimana karyawan punya banyak kesempatan pengembangan karier dan kompetensinya. Kedua, Go Ahead Fly yakni karyawan bisa berkarier di seluruh jaringan Maybank internasional.

Ketiga, adalah Go Ahead Care yakni karyawan bisa ikut berpartisipasi dalam misi sosial, terutama untuk masyarakat di sekitar tempat beroperasi. Keempat, Go Ahead Innovate dimana Maybank Indonesia memberi ruang untuk karyawan berinovasi.

“Harus ada faktor pembeda, mengapa orang harus bekerja di Maybank. Kami juga punya paket asuransi kesehatan untuk karyawan yang telah pensiun, hingga usia 65 tahun. Ada juga bantuan KPR untuk karyawan dengan bunga lebih rendah dari pasar,” katanya.

Irvandi Ferizal, Human Capital Director Maybank Indonesia.

Irvandi Ferizal, Human Capital Director Maybank Indonesia.

Menurut dia, Maybank Indonesia ingin kompetitif di pasar dan mendorong budaya performa terbaik. Kebijakan kompensasi dan benefit juga sejalan dengan filosofi tersebut. Tapi, implementasinya juga berbeda antara karyawan yang punya performa bagus dan yang tidak alias talent dan nontalent.

“Kami punya flexible benefit, dimana karyawan dapat memilih salah satu paket benefit dari 7 yang tersedia. Yang mandatory harus diambil seperti cuti, BPJS, dan lainnya. Paket lain seperti melahirkan, dental dan lainnya disesuaikan dengan kebutuhan karyawan,” ujar dia.

Tak lupa, Maybank Indonesia juga berkomunikasi intensif dengan karyawan tentang skema kompensasi dan benefit yang telah diberikan. Karyawan harus memahami apa saja yang bisa mereka dapatkan dan alasannya, termasuk juga perbandingan dengan bank lain.

“Saya pernah membaca hasil riset sebuah konsultan, skema C&B bagus dengan komunikasi yang buruk, hasilnya bisa lebih jelek dibandingkan dengan skema serupa yang biasa saja tetapi dengan komunikasi yang baik,” katanya.

Irvandi menambahkan, perseroan memiliki sesi sosialisasi rutin yang digelar setiap tahun. Ada juga program Human Resource Information System (HRIS) yang disebut MyHR2U yang sangat mumpuni dapat mengintegrasikan berbagai program dan kegiatan di Divisi HR. Sehingga, karyawan mendapatkan informasi termasuk kompensasi dan benefit dengan jelas dan transparan.

“Kami memproduksi HR Dashboard secara rutin setiap bulan. Isinya, berbagai informasi/update data, termasuk data attrition, biaya HR, jumlah karyawan, pelaksaan training, dan lainnya. Data HR ini kami terjemahkan sebagai data bisnis,” katanya. (Reportase: Nerissa Arviana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Survei Nielsen: Bisnis Makanan Sehat Makin Lezat

Konsumen Indonesia semakin memilih diet khusus yang sesuai dengan keinginan mereka untuk mengonsumsi bahan-bahan organik, rendah lemak, rendah karbohidrat atau...

Close