'Kata Bot Platform' Kata.ai Permudah Pelaku Usaha Digital

 

CEO Kata.ai Irzan Raditya bersama tim.

Sebagai startup di bidang kecerdasan artifisial (AI) asal Indonesia, Kata.ai memperkenalkan platform terbarunya, yaitu Kata Bot Platform. Platform ini bertujuan membantu developer dan pelaku usaha dalam mengembangkan chatbot secara lebih mudah dan efisien.

Melalui platform ini, developer dapat lebih fokus membangun pengalaman percakapan menarik bagi para pengguna chatbot mereka. Chatbot merupakan program AI yang dirancang untuk dapat berinteraksi seperti manusia melalui percakapan untuk memudahkan mencari informasi atau menjalankan suatu fungsi. Platform ciptaan Kata,ai ini diperkenalkan pada acara INTERACT 2017 sebagai inisiatif baru untuk mendorong diskusi tentang teknologi AI di Indonesia.

Kata Bot Platform menyediakan kerangka kerja yang mengintegrasikan pengelolaan, infrastruktur, dan machine learning untuk proses pengembangan chatbot dari awal hingga akhir. Kata Bot Platform menangani manajemen konteks, manajemen saluran, dan pengolahan bahasa secara alami dan menyajikannya dalam platform yang rapi. Menurut CTO Kata.ai Ahmad Rizqi Meydiarso, pengembangan platform ini dari berbagai kerangka bot yang telah ada. “Kami ingin menyederhanakannya agar developer bisa menggunakan waktu dan keahlian mereka untuk menciptakan pengalaman user sebaik mungkin," ujarnya.

Menurut Ahmad, pengembang membutuhkan platform yang kuat dan fleksibel untuk membantu mereka membuat chatbot. Maka, Kata Bot Platform didesain agar mudah digunakan, lengkap dengan analisis dan semua perangkat yang mereka butuhkan di satu tempat. “Platform ini memenuhi standar industri, aman, serta dapat menangani perkembangan skala produksi setinggi apa pun. Ini menjadikan Kata Bot Platform pilihan yang tepat untuk startup berskala kecil, usaha menengah, hingga perusahaan besar,” ungkap tim Kata.ai.

Pelaku bisnis yang lebih besar dapat meluncurkan chatbot mereka ke pasar dalam waktu yang lebih singkat melalui platform ini. Di saat bersamaan, mereka dapat menurunkan biaya investasi untuk penelitian dan pengembangan teknologi. Perusahaan dapat menggunakan kecanggihan AI yang sudah dikembangkan oleh Kata.ai saat ini juga, tanpa harus melakukan penelitian dan pengembangan AI dari nol selama bertahun-tahun.

Kata.ai juga mengembangkan Kata Bot Platform sejalan dengan visinya untuk memberdayakan generasi pengusaha baru di era "pasca-aplikasi". Seiring dengan perkembangan industri teknologi untuk menyambut masa depan, Kata.ai percaya bahwa platform interaktif antara manusia dan teknologi di masa depan akan hadir dalam bentuk chatbot. Tren ini sudah mulai terlihat di berbagai platform media sosial dan situs e-commerce.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)