Marketing Trends

Kategori Home Living di Tokopedia Catat Kenaikan 2 Kali Lipat

Tokopedia mencatatkan peningkatan untuk kategori home living sebanyak 2 kali lipat pada Kuartal I/2021 ini. Item seperti bantal tidur, alat pel lantai, serta peralatan dapur semisal set pisau dan timbangan dapur menjadi beberapa produk paling dicari konsumen.

“Kebutuhan tinggi masyarakat akan kategori tersebut mendorong kami terus menggandeng para pegiat usaha termasuk UMKM lokal – yang menjual produk rumah tangga, dapur, furnitur hingga pertukangan – melalui berbagai inisiatif. Salah satunya kampanye Home Living SALEbrations Mid-Year Sale selama Juni 2021,” kata Strategic Initiatives Senior Lead (Home and Living, Mom and Baby Category) Tokopedia, Rizki Widyastuti.

Home Living SALEbrations ditujukan untuk para UMKM lokal seperti Sleep Buddy Bedding dan Dekornata agar bisa beradaptasi di tengah pandemi melalui pemanfaatan teknologi. “Saya berhasil meraih omset hampir miliaran melalui platform Tokopedia,” ujar Indah Catur Agustin, Pendiri Sleep Buddy Bedding.

Indah mendirikan Sleep Buddy Bedding pada 2009 dengan menjual sprei. Dia mulai menjajakan usahanya di Tokopedia pada 2017 silam. “Sekitar 80% penjualan kami berasal dari Tokopedia. Transaksi di toko kami juga naik hampir 20x lipat pada Kuartal I/2021 dibanding Kuartal I/2020,” kata dia. Omzet yang didapat melalui platform, menurutnya, bisa menyentuh angka Rp900 juta.

Di sisi lain, Giovanno Warli, salah satu perajin mebel dan dekorasi rumah mengatakan, dia menndirikan Dekornata tahun 2018 berkolaborasi dengan perajin dari Jawa hingga Kalimantan. “Semua produk kami asli buatan perajin Indonesia dan hanya menggunakan kayu yang didapatkan secara legal dan ramah lingkungan,” ujarnya.

Setelah bergabung dengan Tokopedia pada Juni 2018, penjualan Dekornata terus mengalami peningkatan. Bahkan mengangalami lonjakan hingga tiga kali lipat selama masa pandemi. Selain aktif mengikuti kampanye, Giovanno juga rutin dalam melalukan inovasi seperti membuat peralatan makan, pot tanaman hias hingga parsel Ramadan. Selain itu, dia juga berinovasi memanfaatkan teknologi AR agar pembeli bisa mencoba produk Dekornata tanpa harus keluar rumah. “Strategi tersebut yang membuat penjualan kami meningkat di masa pandemi,” kata dia menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved