Kawasan Industri ModernCikande, Zona Bebas Pekerja Anak

 

Corporate Human Capital & Legal Senior Managing Director PT Modernland Realty Tbk., Dharma Mitra ( kiri) dan Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan & Kesehatan Kerja (PPK dan K3) Kementerian Ketenagakerjaan RI, Sugeng Priyanto (tengah) saat pencanangan Indonesia Bebas Pekerja Anak oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI di kawasan industri ModernCikande.

 

Upaya pemerintah memberikan pengawasan terhadap pekerja anak tidak main-main. Himbau kepada seluruh pemangku kepentingan perlu mengambil peran dan terlibat secara aktif untuk mengeluarkan anak dari dunia kerja.

Selain itu, juga melakukan kunjungan seperti yang dilakukan Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan & Kesehatan Kerja (PPK dan K3) Kementerian Ketenagakerjaan RI, Sugeng Priyanto ke Kawasan Industri ModernCikande.

Menurut Dharma Mitra, Corporate Human Capital & Legal Senior Managing Director PT Modernland Realty Tbk., masalah mempekerjakan anak bukanlah masalah sederhana, tetapi masalah yang komplek dan lintas sektoral sehingga menjadi tanggung jawab semua pihak untuk menangani dan menyelesaikannya.

Salah satu caranya dengan mengembalikan mereka ke sekolah atau memberikan mereka pelatihan-pelatihan untuk menjadikan mereka generasi penerus bangsa yang kuat dan berkualitas, baik fisik, mental, sosial dan intelektualnya.

Untuk mewujudkan Indonesia bebas mempekerjakan anak utamanya untuk area kawasan industri ModernCikande, maka pihak pengelola kawasan industri ModernCikande telah dan akan senantiasa menghimbau para tenant untuk tidak mempekerjakan anak dan hal ini akan dilanjuti dengan penandatanganan nota kesepakatan untuk tidak mempekerjakan anak di semua unit bisnisnya.

Hal inilah yang membuat Kementerian Ketenagakerjaan RI telah menetapkan kawasan Industri ModernCikande menjadi salah satu kawasan Zona Bebas Pekerja Anak (ZBPA).

Dengan dicanangan Indonesia Bebas Pekerja Anak oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI di kawasan industri ModernCikande, maka diharapkan kawasan industri ModernCikande terbebas dari pekerja anak dan diharapkan mampu meningkatkan kulitas generasi penerus bangsa Indonesia.

Menurut Dirjen PPK dan K3, Sugeng Priyanto, anak adalah masa depan bangsa yang pada dirinya diharapkan menjadi penerus bangsa yang potensial, tangguh, memiliki jiwa nasionalisme dan akhlak mulia. Keberhasilan pembangunan anak akan menentukan kualitas sumber daya manusia di masa yang akan datang.

Beberapa perusahaan multinasional yang telah beroperasi diantaranya PT Berri Indosari, PT Boo Young Indonesia, PT Fajarina Unggul Industry, PT Jongka Indonesia, PT Chempro Indonesia, PT Marindo Lab Pratama, PT Sierad Industries, PT Cargill Indonesia, PT San Fang Indonesia, PT Citra Baru Steel, PT Pigeon Indonesia, PT Charoen Pokphand Indonesia, PT Tomoe Engineering dan beberapa perusahaan multinasional lainnya

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!