Keberhasilan Transformasi Perhutani Diakui Anugerah BUMN 2023 | SWA.co.id

Keberhasilan Transformasi Perhutani Diakui Anugerah BUMN 2023

Perum Perhutani melakukan transformasi bisnis seiring dengan implementasi pendekatan digitalisasi. Perhutani Forestry Institute  (PFI) yang merupakan Pusat Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhutani menjadikan PT Perkebunan Nusantara V sebagai model dalam pengembangan transformasi dan digitalisasi yang tengah diusung perusahaan pengelola sumber daya hutan tersebut.

BUMN ini berhasil  melaksanakan program transformasi dan digitalisasi dengan begitu cepat dan terstruktur selama beberapa tahun terakhir dan berdampak pada kinerja keuangan yang memuaskan. Dampak  positif juga terjadi pada perubahan budaya kerja, sehingga erjadi peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Keberhasilan transformasi ini  dan digitalisasi tak lepas dari dukungan penuh dan komitmen pimpinan perusahaan. Mereka memahami bahwa mengelola industri perkebunan itu bukan sekadar mengelola tanah, tanaman, pengolahan. Namun, lebih luas adalah mengelola SDM.

Untuk itu, tujuan besar utama transformasi dan digitalisasi adalah peningkatan kapasitas sumber daya manusia secara menyeluruh. Karyawan perusahaan, mulai dari tingkat pemanen, krani, staf yang berada di kebun, pengolahan, hingga transportasi seluruhnya dibekali dengan aplikasi digital. 

Perum Perhutani merupakan BUMN pengelola hutan dengan luas 2,4 juta hektare dan PTPN memiliki lahan seluas 1,1 juta hektare. Ini merupakan potensi yang luar biasa untuk dikembangkan sehingga akan terjalin sinergi bisnis antara Perum Perhutani dengan PTPN untuk meningkatkan kontribusi bagi negara dan sosial masyarakat baik sekitar hutan maupun sekitar perkebunan.

Keberhasil Perum Perhutani  melakukan transformasi menyita perhatian juri Anugerah BUMN 2023. Perusahaan ini meraih dua penghargaan pada ajang Anugerah BUMN yang ke-12 itu oleh BUMN Track yang dihelat  di Jakarta. “Perhutani berhasil mendapatkan penghargaan sebagai ‘Peringkat  2 Transformasi Perusahaan BUMN Terbaik’ dan penghargaan untuk Direktur Utama Perum Perhutani Wahyu Kuncoro sebagai ‘Special Appreciation CEO BUMN’ (kategori  Best Innovative Leader BUMN),” ujar  Direktur Perencanaan & Pengembangan  Perum Perhutani Endung Trihartaka yang mewakili penerimaan award itu.

Anugerah BUMN 2023 ini merupakan bentuk apresiasi kepada perusahaan BUMN, anak perusahaan BUMN dan Perusahaan Tbk atas pencapaian bisnis dan dampaknya kepada masyarakat.

Ketua Dewan Juri Anugerah BUMN 2023 sekaligus Menteri BUMN pertama Dr Tanri Abeng, MBA mengatakan, pemenang tidak hanya dilihat dari peningkatan kinerja perusahaan tetapi juga dikaitkan dengan kepemimpinan yang mumpuni dalam mengelola strategi bisnis di era transisi endemi.

Dalam kesempatannya Endung berujar,” Keberhasilan ini merupakan apresiasi bagi seluruh Insan Perhutani yang telah bekerja keras mendukung transformasi organisasi perusahaan. Selain itu,  memotivasi kami untuk menghadapi dinamika bisnis pada masa-masa selanjutnya dalam memberikan kontribusi negara.”

Sementara itu, CEO BUMN Track SH Sutarto memaparkan sebanyak 104 perusahaan BUMN berpartisipasi dalam ajang Anugerah BUMN 2023. Jumlah tersebut mengerucut menjadi 73 perusahaan yang lolos seleksi tahap kedua berupa presentasi korporasi. Selain itu juga sebanyak 45 Direktur Utama BUMN dan Anak Perusahaan BUMN berkompetisi menjadi CEO terbaik melalui wawancara di penjurian tahap ketiga.

Apresiasi ini didukung tim penilaian oleh PPM Manajemen, Dewan Juri Anugerah BUMN 2023 yang terlibat dalam ajang ini memiliki keahlian, kapabilitas, kredibilitas, dan reputasi  bidang Tata Kelola Perusahaan (GCG), finansial, dan kepemimpinan, dengan komposisi unsur meliputi akademisi, peneliti, praktisi, dan media.

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)