Technology Trends

Kedai Sayur dan BCA Lakukan Digitalisasi Pertanian Indonesia

Kedai Sayur dan BCA Lakukan Digitalisasi Pertanian Indonesia

PT Kedai Sayur Indonesia akan mengoptimalkan peran sebagai digital supply chain management produk pertanian dengan menjadi penjamin pembelian atau penyalur (offtaker) hasil pertanian dari para petani lokal. Hal ini dalam rangka membawa mitra petani dan peternak Kedai Sayur ke dalam ekosistem digital dan mengambil manfaat dari berkembangnya teknologi terkini.

Dalam mewujudkan peran tersebut, Kedai Sayur menggandeng Bank Central Asia (BCA) sebagai pemberi fasilitas kredit dan membantu UMKM petani yang tergabung dalam ekosistem digital ini.

Adrian Hernanto, CEO PT Kedai Sayur Indonesia mengungkapkan, melalui kerja sama ini akan banyak petani yang terbantu dari sisi pendanaan serta adanya jaminan penyaluran hasil produksi mereka. Menurutnya, dengan posisi Kedai Sayur sebagai offtaker guarantee produk hasil tani dari para petani lokal, akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak baik para petani maupun pihak BCA sebagai pemberi pinjaman

“Dalam hal ini, pihak BCA akan lebih yakin dengan adanya pesanan dari Kedai Sayur, sementara para petani juga merasa aman karena adanya jaminan kepastian beli dan harga jual hasil produk mereka,” katanya.

Kolaborasi ini akan dijalankan dengan skema penyerapan seluruh hasil mitra petani dan peternak untuk langsung didistribusikan melalui seluruh omnichannel Kedai Sayur. Pada tahap pertama, sebagai pilot project kerja sama ini akan dilaksanakan di Jawa Timur, yaitu Kota Tulungagung, Kediri dan Blitar.

Harapannya untuk ke depan projek tersebut akan diperluas memasuki daerah Jawa Timur, serta memasuki skala nasional. Dalam kerja sama ini, BCA akan berperan sebagai cash management dan membiayai modal kerja (Kredit KUR dan SME) para petani serta memberikan kemudahan dalam onboarding.

Lebih lanjut Adrian menjelaskan, salah satu komitmen Kedai Sayur yaitu memberikan kemudahan dan membantu lebih banyak petani di seluruh Indonesia. Melalui kerja sama dengan BCA, Kedai Sayur berkesempatan untuk mewujudkan komitmen tersebut sambil terus memberikan operational excellence bagi seluruh pihak yang terlibat dalam ekosistem Kedai Sayur.

Saat ini, Kedai Sayur telah dipercaya sebagai penyedia bahan-bahan dasar dan olahan bagi berbagai pelanggan B2B seperti hotel, restoran, dan kafe. Melalui Kedai Sayur, mereka bisa melakukan pesanan barang, kontrol kualitas sesuai kebutuhan spesifik pelanggan, serta ketepatan distribusi ke seluruh outlet mereka.

Tak hanya melayani untuk pelanggan korporasi atau B2B, perusahaan juga melayani pelanggan B2C melalui aplikasi KedaiMart. KedaiMart merupakan online groceries untuk memenuhi kebutuhan belanja bahan makanan secara efisien, dan aman untuk rumah tangga.

“Pemilik usaha kuliner akan dapat memfokuskan diri kepada pengembangan produk dan bisnis, dan Kedai Sayur akan memberikan yang terbaik dalam standar kualitas, transparansi harga dan distribusi,” ujar Adrian.

Editor: Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved