Kejar Target Pembiayaan KPR, Bank BTN Gandeng Agent Properti Besar

Foto : dok

Menutup penghujung tahun 2020, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. tengah berusaha mencapai target pembiayaan sekitar 204.000 unit perumahan, terdiri dari 146.000 unit Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bersubsidi dengan skema Subsidi Selisih Bunga (SSB), 32.000 KPR bersubsidi dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), dan 26.000 KPR bersubsidi berskema Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT). 

KPR bersubsidi dengan skema FLPP mampu mencapai target. Hanya saja, penyaluran KPR bersubsidi dengan skema SSB belum optimal. Dari target 146.000, Bank BTN tengah menggenjot 90 ribu-100 ribu penyaluran hingga akhir tahun 2020. Mengingat hingga saat ini baru mencapai sekitar 40 ribuan, paling tidak untuk mengejar target tersebut Bank BTN mengejar target sekitar 10 ribu-15 ribu per bulan, sehingga akhir tahun mencapai 90 ribu unit rumah yang harus dibiayai dengan skema SSB .

Untuk mengejar target tersebut Bank BTN menggandeng agen properti skala nasional seperti Era Indonesia, Harcourts, LJ Hooker, Loan Market, Remax, Century21, Projek, dan Raywhite. Kerjasama ini untuk mendorong pasar properti sekaligus memberikan kemudahan bagi masyarakat di seluruh tanah air agar segera dapat mewujudkan hunian impiannya.

Menurut Executive Vice President Nonsubsidized Mortgage & Personal Lending Division (NSLD) Bank BTN Suryanti Agustinar, program ini melibatkan sejumlah perusahaan besar yang sudah teruji kiprahnya di dunia property agent.  “Kerjasama ini diharapkan dapat membatu masyarakat mencari pendanaan untuk membeli properti melalui jasa property agentserta jaringan kantor member-nya,” kata Suryanti via zoom meeting.

Kerjasama antara Bank BTN dengan property agenttersebut dikukuhkan melalui pelucuran program pemasaran bersama bertajuk “Kangen BTN (KPR Agent Property)”. 

Dalam kerjasama ini masyarakat dapat menikmati berbagai keuntungan, antara lain down payment(DP/uang muka) mulai 10\% serta bebas administrasi dan provisi khusus untuk wilayah kota besar seperti JABODETABEK, Bandung dan Surabaya. Sementara, para property agent akan mendapatkan marketing fee sebesar 1\% untuk all plafond dan reward vocer belanja jutaan rupiah hingga akhir tahun 2020 dan dapat dilakukan pengajuan secara online.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) Nurul Yaqin menambahkan, kerjasama ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu. Sebab, hingga kini Bank BTN merupakan satu-satunya institusi keuangan yang paling konsisten membantu pembiayaan industri properti.

Menurut Nurul, saat ini pasar properti sudah mulai bergairah dan menunjukan tanda-tanda kebangkitan. Kerjasama dengan Bank BTN ini merupakan salah satu peluang untuk memacu penjualan meski pasar makin terbatas. “Kami tetap optimis selalu ada peluang ditengah kesulitan, dan kerjasama dengan Bank BTN ini adalah peluang untuk meningkatkan gairah pasar properti di Indonesia,” ujarnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)